SOLOPOS.COM - Mike, ayam yang bertahan hidup selama 18 tanpa kepala (Oddee)

Serba lima kali ini membahas tentang hewan-hewan yang dianggap fenomenal.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa fenomenal kerap terjadi di dunia. Sebagian besar meninggalkan misteri yang sulit terjawab. Seperti hewan-hewan “aneh” ini yang memiliki kemampuan tertentu sebagaimana tak dimiliki hewan sejenisnya.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Dihimpun Solopos.com, dari berbagai sumber, Sabtu (12/11/2016), inilah lima hewan yang dianggap fenomenal;

Kucing Oscar Si Peramal Kematian

Oscar merupakan kucing yang sejak 2005 tinggal di lantai tiga Pusat Perawatan dan Rehabilitasi Steere, Pulau Rhode, Amerika Serikat. Tempat itu merupakan pusat penanganan pasien dengan penyakit otak layaknya Alzheimer, parkinson, dan demensia. Sebagian besar pasien yang dirawat di tempat itu sudah berada di stadium akhir penyakitnya, sehingga seolah-olah menunggu kematian.

Oscar kucing peramal kematian (Mirror)

Oscar kucing peramal kematian (Mirror)

Kurang lebih setelah tinggal enam bulan di tempat itu, Oscar mulai mendekati beberapa pasien dan tidur bersama pasien. Setelah diperhatikan, setiap pasien yang ditemani tidur oleh Oscar meninggal setelah dua atau empat jam setelahnya. Dikutip dari Oddee, pada 2007, Oscar sudah meramal lebih dari 25 kematian.

Ada suatu momen saat sang dokter mendiagnosa satu pasien hanya memiliki waktu 10 jam lagi. Saat itu Oscar tidak menemani pasien tersebut, dokter itu menganggap kali ini Oscar salah. Setelah ditunggu, diagnosa sang dokter 10 jam terlalu awal, dua jam sebelum pasien meninggal Oscar mengunjunginya dan tidur di dekat pasien tersebut.

Dengan kebiasaan Oscar ini, pihak rumah sakit akan menghubungi keluarga jika ada pasien yang ditemani Oscar. Ada keluarga yang tidak keberatan ada kucing di dekat waktu-waktu terakhir anggota keluarga mereka, namun ada juga yang keberatan. Jika Oscar dikeluarkan dari kamar pasien sebelum pasien meninggal, biasanya kucing tersebut akan mengeong gelisah.

Dokter spesialis pasien lanjut usia, David Dosa, merilis hipotesis mengenai kemampuan Oscar. Menurutnya Oscar mampu membaui aroma biokimia yang dilepaskan oleh sel-sel tubuh sebelum manusia meninggal dunia.

Anjing Pelukis Tillamook Cheddar

Tillamook Cheddar adalah anjing jenis Jack Russell Terrier asal New York, Amerika Serikat. Tillie, panggilan akrab Tillamook Cheddar, adalah anjing yang sukses menjadi pelukis. Dikutip dari tillamookcheddar.com, selama hidupnya, Tillie pernah mengadakan lebih dari 20 pameran lukisan yang diadakan di Amerika Serikat, beberapa negara di Eropa, dan Bermuda.

Tillie (tillamookcheddar.com)

Tillie (tillamookcheddar.com)

Tillie meninggal pada 29 Januari 2014, diusia 15 tahun. Tillie melukis dengan bantuan manusia. Tillie tidak langsung bersentuhan dengan cat air dan kanvas lukisan, namun kanvas lukisan dilapisi sebuah alat yang bisa merekam gerakan cakar dan gigi Tillie. Alat itu disambungkan dengan cat air yang otomatis melukis di atas kanvas.

Alex, Beo yang Punya Perasaan

Alex merupakan burung beo yang menjadi obyek penelitian psikolog bernama Irene Pepperberg. Alex mulai dilatih untuk penelitian pada 1977, penelitian itu berlangsung hingga 2007, berhenti karena Alex meninggal dunia.

Alex, Beo PIntar (Oddee)

Alex, Beo PIntar (Oddee)

Dikutip dari Oddee, selama kurung waktu 30 tahun penelitian itu, Pepperberg mengklaim Alex memiliki kepintaran mirip lumba-lumba dan simpanse. Sesaat sebelum meninggal Alex diklaim memiliki perasaan seperti bayi berusia dua tahun. Pepperberg mengungkap kepintaran Alex bisa dikembangkan hingga mirip seperti anak berusia lima tahun.

Alex diklaim bisa menghitung angka, membedakan warna, dan bis amengekspresikan perasaannya.

Oliver, Simpanse Mirip Manusia

Oliver adalah simpanse yang sempat dianggap sebagai setengah manusia setengah hewan. Namun pada tahun 1990-an hal itu dibantah kalangan ilmuwan, Oliver dipastikan simpanse biasa.

Sebutan mirip manusia didapat Oliver karena hewan ini lebih kerap berjalan tegak, bentuk rahan yang lebih kecil dari simpanse lainnya juga membuat dugaan tersebut semakin menguat. Oliver diklaim tidak disukai simpanse lainnya, dia juga memiliki kecenderungan tertarik pada manusia.

Oliver yang dianggap manusia simpanse (popscreen.com)

Oliver yang dianggap manusia simpanse (popscreen.com)

Oliver meninggal pada 2012, ia menghabiskan hari-hari terakhirnya buta dan menderita berbagai penyakit. Di dalam penangkaran, Oliver hanya ditemani satu simpanse dewasa bernama Raisin. Oliver ditemukan meninggal saat tidur ditemani Raisin disampingnya.



Ayam yang Hidup Tanpa Kepala

Mike ayam ternak biasa asal Colorado, Amerika Serikat menjadi terkenal setelah kepalanya putus.  Cerita ini sempat dianggap hoax, namun ayam tersebut sempat dibawa ke Universitas Utah, dan dalam penelitian cerita itu terbukti benar.

Dikutip dari Oddee, pada 10 September1945, petani asal Colorado, Lloyd Olsen, gagal memutus kepala ayam dengan sempurna. Ayam yang seharusnya dimasak itu masih hidup setelah kepalanya putus. Potongan dari kapak Lloyd tidak mengenai pembuluh darah di leher ayam tersebut, dan menyebabkan sebagian besar otak si ayam masih menyatu. Berita kebenaran cerita ini dengan cepat menyebar di Amerika Serikat. Setelah saat itu, Mike laris diundang ke acara-acara tentang hewan aneh dan menjadi sampul majalah.

Pada Maret 1947, tengah malam di sela-sela perjalanan pulang dari tur, Mike seperti tersedak. Di waktu yang sama Lolyd baru menyadari alat-alat untuk merawat Mike tertinggal. Hari itu Mike tak bisa diselamatkan. Keputusan Lloyd memanfaatkan kondisi Mike selama 18 bulan dikecam banyak pemerhati hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya