SOLOPOS.COM - Kerusakan akibat badai Metthew di Haiti, Kamis (6/10/2016). (Reuters)

Badai Matthew melanda Amerika Serikat. Dua juta warga terpaksa dievakuasi.

Solopos.com, FLORIDA – Pemerintah negara bagian Florida mengevakusai dua juta penduduknya ke tempat yang lebih aman. Langkah ini dilakukan untuk melindungi warga dari terjangan Badai Matthew.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir NBC News, Kamis (6/10/2016), evakuasi juga dilakukan di beberapa negara bagian AS lain, seperti Florida, Georgia, dan Carolina Selatan. Sebelumnya, badai Matthew telah menerjang Haiti, Kuba, dan Kepulauan Bahama. Sedikitnya 25 nyawa melayang akibat bencana itu.

Gubernur Florida, Rick Scott, meminta warga agar berlindung di tempat aman dan menghindari berpergian. “Jangan berselancar! Jangan pergi ke pantai!, Badai ini akan membunuhmu,” ucap Rick Scott.

Badai Matthew merupakan badai kategori lima yang menjadi badai terbesar di Samudera Atlantik sejak 2007. Dikutip dari Buzzfeed dan NBC News, berikut lima fakta tentang Badai Matthew:

1. Badai Matthew yang melanda Haiti, Selasa (4/10/2016), merupakan badai kategori empat pertama yang melanda Haiti sejak Badai Cleo pada 1964.

2. Badai tersebut membawa hujan deras ekstrem, angin besar, dan badai petir.

3. Badai Matthew yang melanda Florida diperkirakan setara dengan badai kategori 4 dengan kecepatan 145 meter/jam. Meski demikian ada kemungkinan kecil badai tersebut akan mencapai kategori 5.

4. Badai Matthew menyebabkan negara bagian Florida, Georgia, Carolina Selatan, dan Carolina Utara menyatakan kondisi darurat negara.

5. Lebih dari 3.000 warga Florida yang tinggal di daerah pantai sudah mengungsi di kurang lebih 48 selter. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya