SOLOPOS.COM - Karakter-karakter manga Captain Tsubasa (www.moviepilot.de)

Serba lima kali ini mengulas tentang anime manga Jepang yang membuat penontonnya bernostalgia.

Solopos.com, Tokyo — Anime manga Jepang menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan budaya Negeri Sakura ke seluruh penjuru dunia. Film animasi Jepang itu telah diekspor ke sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan melihat dan membaca anime manga atau film animasi Jepang itu, anak-anak Indonesia pun dapat mengenal budaya Jepang. Dari anime manga Jepang itu terlihat misalnya bagaimana teratur dan disiplin orang Jepang saat bekerja, juga kehidupan alam dan sosialnya.

Sebagian di antara serial anime manga Jepang itu sukses besar sehingga musim penayangannya diperpanjang. Cerita anime yang dapat membuat penonton tertawa dan takjub sering meninggalkan kesan yang mendalam di benak penontonnya. Kesan itulah yang membuat penonton ingin menonton lagi anime yang telah ditontonnya.

Serba Lima kali ini menghadirkan lima anime lama Jepang yang sering membuat orang yang menontonnya bernostalgia dengan ceritanya:

Mulai dari yang legendaris. KLIK DI SINI untuk Dragon Ball.

Ekspedisi Mudik 2024

 

Dragon Ball

Karakter-karakter manga Dragon Ball Z (web3.animelliure.net)

Karakter-karakter manga Dragon Ball Z (web3.animelliure.net)

Ka… Me… Ha… Me… Haaa…!!!
Anak-anak bahkan orang dewasa pasti tahu anime apa yang tayang jika kata tersebut terdengar. Benar sekali, itu adalah salah satu jurus dari anime Dragon Ball.

Dragon Ball adalah manga Jepang karya Akira Toriyama. Manga tersebut menurut catatan Dragonball.wikia.com tayang perdana di Jepang pada 26 April 1989.

Cerita manga Dragon Ball bermula dari seorang anak kecil yang ditemukan oleh seorang kakek di dekat rumah kakek itu. Anak itu kemudian diberi nama Son Goku.

Goku  tumbuh menjadi anak yang baik hati dan kuat. Goku kemudian memulai petualangannya dan bertemu banyak orang. Selain mendapatkan banyak teman, Goku juga menemui musuh-musuh kuat yang harus dihadapi, antara lain Frieza, Cell, dan Majin Buu.

Tahun 2015 ini,  serial anime terbaru Dragon Ball dengan judul Dragon Ball Super telah dirilis. Di film kartun tersebut diceritakan bahwa Goku dan teman-temannya bertarung dengan Dewa Kehancuran, Beerus.

Selain dipasarkan sebagai manga atau komik dan kemudian anime atau film kartun, serial Dragon Ball juga dibuat menjadi game digital. Contoh game yang merupakan pengembangan dari manga Dragon Ball antara lain Dragon Ball Tenkaichi Budokai 3 untuk Playstation 2.

Hal unik di dalam manga anime Jepang ini adalah tokoh di serial Dragon Ball dianggap sejumlah orang sebagai tokoh manga dan anime terkuat sepanjang masa. Hal itu dikarenakan satu jurus milik tokoh Dragon Ball dapat menghancurkan satu planet. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)

Anime lama apakah selanjutnya? KLIK DI SINI untuk Let’s and Go…

Let’s And Go

Karakter-karakter utama anime Let's And Go (www.img365.com)

Karakter-karakter utama anime Let’s And Go (www.img365.com)

Di tempat kedua dari Serba Lima kali ini adalah serial anime Let’s And Go.  Anime Let’s And Go merupakan cerita tentang sebuah mobil mainan bernama Mini 4WD (tamiya).

Let’s And Go dimulai saat kakak beradik Retsu dan Go ingin menjadi pembalap tamiya tercepat di dunia. Suatu hari, Retsu dan Go mendapatkan tamiya yang diberi nama Sonic dan Magnum. Tamiya itulah yang mengantar mereka menjadi juara dunia balap tamiya.

Karakter lain yang berpetualang bersama mereka adalah Tokichi dengan tamiya Spin Axe, Ryo dengan tamiya Tridagger, dan Jay dengan dengan tamiya Proto Saber. Masing-masing tamiya memiliki teknik khusus yang sering digunakan di balapan. Misalnya, Retsu yang sering menggunakan teknik Hurricane Sonic dan Buster Sonic. Go sering menggunakan teknik Magnum Tornado yang sering kali membuatnya memenangi perlombaan.

Anime ini, menurut catatan id.wikipedia.org, kali pertama ditayangkan pada 8 Januari 1996 di Jepang. Kemudian RCTI menayangkan anime ini di Indonesia pada 8 September 2002 hingga 18 September 2005.

Anime Let’s And Go memiliki dua serial lain yang melanjutkan cerita pertamanya, yaitu Let’s And Go WGP, dan Let’s And Go MAX. Selain anime mangagame Let’s And Go juga dirilis untuk game Playstation 1 dengan judul Bakusou Kyoudai Let’s & Go!! Eternal Wing. Dalam game ini, sebagaimana dilansir downarea51.com, terdapat 20 karakter yang dapat dipilih beserta tamiya dan teknik andalan masing-masing.

Hal unik di anime ini adalah tamiya masing-masing tokoh yang bisa mematuhi perintah pemiliknya saat pertandingan berlangsung. Selain itu, pemilik tamiya yang sedang bertanding terus mengikuti tamiya miliknya tanpa kenal lelah. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)

KLIK DI SINI untuk Crush Gear Turbo.

Crush Gear Turbo

Ilustrasi anime Crush Gear (www.projectzone.web.id)

Ilustrasi anime Crush Gear (www.projectzone.web.id)

Serial anime Crush Gear Turbo menempati posisi ketiga dari Serba Lima Manga Anime Lama Jepang ini. Crush Gear Turbo merupakan sebuah anime dengan tampilan pertarungan yang unik.

Crush gear adalah sebuah mainan yang digerakkan oleh baterai dan dimainkan di sebuah arena. Setiap crush gear memiliki bentuk dan senjata yang berbeda.

Cerita Crush Gear Turbo dimulai ketika Kouya Marino ingin mengikuti jejak kakaknya sebagai juara dunia Crush Gear Fight. Sayangnya, kakak Kouya meninggal dunia dan hanya meninggalkan sebuah crush gear yang dulu dipakainya di setiap perlombaan. Dengan menggunakan crush gear tersebut, Kouya ingin menjadi juara dunia selanjutnya.



Kouya yang awalnya tidak memiliki anggota klub, kemudian bertemu dengan Jin Kyosuke, Jirou Oriza, Kurodou Marume. Bersama ketiga rekannya itu, Kouya melanjutkan usahanya menjadi juara dunia.

Anime Crush Gear seperti yang tertera di crushgear.wikia.com, telah dibuat menjadi dua serial yang berbeda, yaitu Crush Gear Turbo (dengan tokoh utama Kouya Marino) dan Crush Gear Nitro (dengan tokoh utama Mahha Masaru). Selain anime mangaCrush Gear Turbo juga telah dirilis ke pasaran sebagai game untuk console game Playstation 1.

Hal unik yang ada di anime ini adalah saat crush gear menghantam penghalang di arena, crush gear tersebut tidak hancur. Padahal, kenyataannya crush gear hanya terbuat dari plastik. Hal unik lain, crush gear juga dapat mengerti apa yang dikatakan pemilikinya saat pertandingan. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)

KLIK DI SINI untuk Beyblade.

Beyblade

Karakter-karakter anime Beyblade (beyblade.wikia.com)

Karakter-karakter anime Beyblade (beyblade.wikia.com)

Go shoot…!!!
Kata itulah yang diserukan para petarung beyblade saat mengawali pertarungan dalam serial anime Beyblade yang berada di posisi keempat dari Serba Lima Manga Anime Lama Jepang ini. Dalam satu arena biasanya terdapat dua beyblade yang bertarung hingga salah satu keluar arena atau berhenti berputar.

Beyblade memiliki dua serial lanjutan, yaitu Beyblade V-Force dan Beyblade G-Revolution. Anime pertama dengan judul Beyblade tayang kali pertama di TV Tokyo Jepang 8 Januari 2001. Lalu,  Beyblade V-Force yang dirilis dalam 51 episode dan tayang perdana 7 Januari 2002. Selanjutnya, Beyblade G-Revolution yang dirilis dalam 52 episode dan tayang perdana 6 Januari 2003, seperti yang dukutip dari en.wikipedia.org.



Ketiga serial Beyblade memiliki tokoh utama yang sama dengan adanya tambahan tokoh baru dan cerita yang berbeda. Tokoh utama dalam anime in adalah Takao Kinomiya, Rei Kon, Kai Hiwatari dan Max Mizuhara. Di judul ketiga, ada tokoh baru bernama Daichi Sumeragi dan Hiro Granger.

Anime ini, menurut catatan downarea51.com, kemudian dirilis sebagai game untuk console game Playstation 1 dengan judul Beyblade – Let It Rip.

Hal unik dalam cerita ini adalah saat beyblade dimainkan, beyblade di film animasi ini dapat mengeluarkan binatang buas dari dalam beybladenya. Di kondisi nyata, di beyblade hanya terdapat sebuah gambar yang tidak mungkin menjadi nyata. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)

KLIK DI SINI untuk Captain Tsubasa.

Captain Tsubasa

 

Karakter-karakter manga Captain Tsubasa (www.moviepilot.de)

Karakter-karakter manga Captain Tsubasa (www.moviepilot.de)

Pesepak bola imajiner namun legendaris Captain Tsubasa dalam anime dengan nama sama merupakan terakhir dalam Serba Lima Manga Anime Lama Jepang ini.



Tendangan jarak jauh dan tendangan salto adalah teknik andalannya. Ya, dialah Kapten Tsubasa. Dengan menggunakan tendangan jarak jauh dan tendangan salto Tsubasa sering kali membawa timnya meraih kemenangan.

Anime Captain Tsubasa dirilis berdasarkan manga Yoichi Takahashi yang diterbitkan tahun 1981. Captain Tsubasa bercerita tentang seorang anak bernama Tsubasa Ozora yang berjuang bersama teman-temannya untuk menjadi pemain tim nasional Jepang dan menjadi juara dunia.

Selain manga dan animeCaptain Tsubasa juga dirilis sebagai game di berbagai console game, antara lain  Playstation 1, Playstation 2, Nintendo, dan versi PC, seperti yang dikutip dari captaintsubasa.wikia.com.

Hal unik dalam anime ini adalah saat Tsubasa akan menendang bola, terkadang memerlukan waktu sampai dua episode. Hal unik lain adalah adanya kata ‘tendanglah saat gawang kelihatan’ yang dikatakan Tsubasa dan Roberto, pelatih sepak bola Tsubasa. Kenyataannya, jika bermain di lapangan bola, kedua gawang akan selalu terlihat karena lapangan bola itu datar. (Bimo Putra W./JIBI/Solopos.com)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya