SOLOPOS.COM - Demo antikorupsi dengan aksi cuci bendera (Oddee)

Serba lima kali ini membahas demonstrasi aneh di berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Belum lama ini khalayak diramaikan dengan aksi demonstrasi berskala nasional. Demonstrasi yang dilakukan 4 November 2016 itu menuntut penyelesaian kasus dugaan penistaan agama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demonstrasi terbilang masuk akal dengan tuntutan yang jelas. Bicara soal demonstrasi, tahukah Anda, ada beberapa demonstrasi di dunia yang dilakukan dengan cara tak biasa?

Demonstrasi aneh yang dimaksud menggunakan tindakan-tindakan tertentu yang jarang dilakukan di sebuah demonstrasi. Dihimpun Solopos.com, Kamis (10/11/2016), dari Oddee.com, inilah lima demonstrasi aneh yang benar-benar pernah dilakukan:

Demo Susu Murah

Pada 2009 peternak sapi perah di Brussels, Belgia melakukan demonstrasi terkait rendahnya harga susu. Dikutip dari Telegraph, kurang lebih ada 2.500 peternak melakukan protes mengena hal tersebut. Ratusan traktor di bawa ke jalanan Brussels.

Tidak hanya itu, ada petani yang membawa sapi perah mereka. Salah satu petani tertangkap kamera sedang menyemprotkan susu sapi ke kawanan polisi. Uniknya susu tersebut disemprotkan langsung dari sumbernya.

Punggung Ditindik Protes Perburuan Hiu

Alice Newstead, seorang seniman asal Watford, Inggris melakukan protes aneh dan menyakitkan mengenai perburuan hiu. Alice mengecat tubuhnya dengan warna abu-abu agar mirip hiu. Kemudian ia meminta dirinya digantung layaknya ikan yang dipamerkan. Punggung Alice ditindik menggunakan kail pancing berukuran besar saat melakukan protes tersebut. Protes itu ia lakukan selama 15 menit.

Alice digantung dengan tindik pancing di punggungya untuk memprotes perburuan hiu (Oddee)

Alice digantung dengan tindik pancing di punggungya untuk memprotes perburuan hiu (Oddee)

Protes Hewan Dibedah

Remaja asal Virginia, Amerika Serikat memiliki perhatian lebih terhadap hewan. Khususnya untuk pembedahan hewan demi ilmu pengetahuan. Remaja bernama Jennifer itu menolak pembedahan ini dan menyatakannya secara keras.

Protes terhadap penggunaan hewan sebagai bahan percobaan (Oddee)

Protes terhadap penggunaan hewan sebagai bahan percobaan (Oddee)

Untuk menunjukkan protesnya, Jennifer mengubah namanya menjadi domain internet Dissection.com, Cutout. Nama tersebut adalah laman internet yang mengusung protes serupa dengan Jennifer.

Jadi Superhero untuk Protes Hak Asuh Anak

Pada 2003 dua pria bernama Jolly Stanesby dan Eddie Goreckwi demo menggunakan kostum superhero. Keduanya berdiri di atap gedung pengadilan di Londo. Keduanya memprotes pengadilan karena tidak diberi hak asuk anak setelah bercerai. Menamakan diri dari organisasi Fathers 4 Justice, kedua pria itu menjadi superhero dan berdemo selama satu minggu.

Ayah protes untuk hak asuh anak (Oddee)

Ayah protes untuk hak asuh anak (Oddee)

Cuci Bendera Protes Antikorupsi

Pada tahun 2000, pemilu presiden di Peru kembali dimenangkan oleh Presiden Alberto Fujimori. Warga Peru melihatnya sebagai sosok pemimpin korup dan sewenang-wenang. Untuk memprotes hal itu, perkumpulan warga atas nama Lava la Bandera (Cuci Bendera) berkumpul di pusat perbelanjaan untuk mencuci bendera. Tindakan itu dimaksudkan untuk menyindir pemerintahan yang kotor.

Demo antikorupsi dengan aksi cuci bendera (Oddee)

Demo antikorupsi dengan aksi cuci bendera (Oddee)

Demonstrasi itu dilakukan selama berbulan-bulan, hingga akhirnya sebuah video kasus korupsi menggoyang kenyamanan Alberto Fujimori. Presiden tersebut melarikan diri ke Jepang, kemudian Chile. Pada 2005 Alberto dideportasi dan kembali ke Peru untuk menjalani pengadilan. Pada 2007 Alberto divonis enam tahun, setelah itu pada 2009 ia kembali divonis selama 25 tahun karena terbukti melakukan kejahatan hak asasi manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya