Surat suara untuk DPRD Kabupaten Rembang ditemukan dalam boks untuk surat suara Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (27/2). (Antara-Istimewa)

Semarangpos.com, KUDUS — Seratusan lembar surat suara untuk DPRD Kabupaten Rembang salah kirim ke Kudus. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menemukan seratusan surat suara itu, Rabu (27/2/2019).

"Seratusan surat suara DPRD Rembang tersebut masuk dalam boks surat suara untuk Kabupaten Kudus," ungkap anggota KPU Kudus Ahmad Cholil.

Berkat kejelian petugas sortir dan lipat, kata dia, seratusan lembar surat suara untuk Kabupaten Rembang tersebut bisa diketahui. Surat suara tersebut, lanjut dia, segera dipisahkan kemudian dibuatkan berita acara atas temuan surat suara nyasar tersebut.

Sejak awal, kata Cholil, semua petugas sortir dan lipat diinstruksikan untuk mengecek dengan teliti sebelum dilipat. "Tidak hanya soal kerusakan, melainkan peruntukan surat suara tersebut juga harus diteliti agar tidak ada permasalahan di kemudian hari," ujarnya.

Ia menambahkan surat suara yang diterima KPU Kudus berasal dari percetakan di Jakarta.   "Untuk memastikan apakah kasus serupa masih terjadi, maka petugas sortir diminta untuk lebih teliti agar jangan sampai ada surat suara nyasar yang lolos sortir," ujarnya.

Terkait surat suara rusak, hingga saat ini tercatat ada 847 lembar surat suara pemilu DPRD provinsi dan 1.687 lembar surat suara untuk DPRD kabupaten. Jenis kerusakan terbanyak adalah akibat noda tinta cetak, surat suara berlubang, hingga cetakan yang kurang jelas. 

Kegiatan sortir dan lipat surat suara dimulai sejak Senin (25/2/2019), sedangkan jumlah petugas sortir dan lipat 150 orang yang dibagi di dua tempat, yakni di gudang Kapasan Jember dan aula KPU Kudus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten