SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO — Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sukoharjo menyiapkan 200 liter pestisida jenis insektisida kontak untuk mengatasi serangan hama walang dan mengantisipasi serangan wereng cokelat yang meresahkan sejumlah petani di Sukoharjo.

Kasi Perlindungan dan Pengamanan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dispertan Sukoharjo, Narto, ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (19/4/2013), mengatakan persediaan pestisida yang disiapkan Dispertan cukup untuk menanggulangi hama walang dan mengantisipasi wereng cokelat yang masuk ke kawasan pertanian di Sukoharjo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Stok pestisida sudah disediakan. Kalau ada serangan langsung dibasmi, jangan sampai kecolongan dan mengurangi produksi padi. Kami dari Dispertan siap membantu kaitannya dengan organisme pengganggu tanaman. Warga yang lahannya terserang bisa langsung menghubungi petugas UPT Dinas Pertanian Kecamatan setempat agar langsung ditangani,” terangnya.

Langkah yang ditempuh petani agar serangan hama tidak meluas, lanjutnya, diperlukan peran aktif pengamatan penggarap lahan.

“Kalau pengamatan hama intensif dilaksanakan, serangan hama bisa dideteksi semenjak dini dan penanganannya bisa lebih cepat dilakukan sebelum merembet ke areal pertanian lain,” jelasnya.

Menurut Narto, sejumlah lahan pertanian yang perlu mewaspadai serangan hama walang dan wereng cokelat antara lain Kecamatan Mojolaban, Polokarto, Gatak dan Baki.

Selain mewaspadai serangan wereng cokelat dan walang, petani di Sukoharjo juga diimbau tidak lengah dengan hama penggerek batang dan tikus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya