SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus trojan (Infoniac.com)

Trojan.AndroidOS.Dvmap.a atau disebut Dvmap yang mampu bersembunyi dari sistem proteksi dan mekanisme verifikasi Google.

Solopos.com, SOLO – Laboratorium Kaspersky mengidentifikasi virus Trojan Horse di Play Store sejak April 2017. Virus itu diklasifikasikan sebagai Trojan.AndroidOS.Dvmap.a atau disebut Dvmap yang mampu bersembunyi dari sistem proteksi dan mekanisme verifikasi Google.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Android Pit, Selasa (13/6/2017), Dvmap menjalankan aksinya untuk mengakses otorisasi root. Ia kemudian menginfeksi dengan kode berbahaya yang menyerang ke dalam sistem library libdmv.so dan libandroid_runtime.so. Akibatnya, virus itu mampu memberikan akses kepada aplikasi pihak ketiga.

pemilik program jahat dapat menjual akses tersebut ke pasar gelap lantaran Dvmap mampu bertindak seperti administrator.

Hingga kini, telah ada 50.000 perangkat yang diketahui terjangkit oleh virus tersebut. Kendati demikian, karena virus memiliki sifat yang sulit untuk dilacak, kemungkinan jatuhnya korban akan lebih banyak.

Satu-satunya cara untuk mencegah infeksi oleh virus Dvmap tersebut ialah dengan memasang patch keamanan terbaru yang dikirimkan oleh pihak OEM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya