SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangan hacker di situs setkab.go.id. (Istimewa)

Serangan hacker di situs resmi Seskab membuatnya tak bisa diakses hingga kini. Mengapa itu bisa terjadi?

Solopos.com, SOLO — Situs resmi Sekretaris Kabinet (Setkab) Setkab.go.id, dibobol oleh peretas. Sebenarnya apa penyebab situs penting milik negara tersebut bisa mudah terkena serangan hacker?

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Pakar Keamanan Siber Pratama, D. Persadha, menjelaskan bobolnya situs Setkab akibat banyaknya celah yang bisa digunakan para hacker. “Dari cache yang ada, kemungkinan web Setkab menggunakan template modifikasi wordpress, woocommerce. Apabila benar demikian, maka kemungkinan celah lewat template,” kata Pratama, seperti dilansir Okezone, Jumat (25/12/2015).

Pria yang juga CEO Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) itu, menyoroti mudahnya akses admin. “Login adminnya bisa diakses dari mana saja, dengan alamat ip yang sama di bawahnya,” tuturnya.

Untuk informasi, situs setkab.go.id sempat di de-face laman mukanya oleh peretas, terdapat tulisan hacking, failed, hacker typer, dan numerating target yang ada di laman tersebut.

Selain itu, terdapat juga gambar berbentuk tengkorak di tengah-tengah laman situs yang biasa menampilkan kegiatan Presiden Jokowi ini. Pantauan Solopos.com hari ini pukul 14.00 WIB, situs Setkab.go.id  masih sulit diakses atau belum pulih akibat serangan hacker, Kamis (24/12/2015) kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya