SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Kaukus Parlemen Indonesia untuk Palestina mengutuk serangan Israel terhadap kapal Mavi Marmara yang mengangkut relawan dan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Dalam resolusinya, Kaukus menyatakan, tindakan Israel dinilai brutal dan biadab serta melanggar Hukum Perairan dan HAM Internasional. Karena itu, pemerintah Indonesia diminta untuk menuntut penuntasan peristiwa penyerangan itu secara tegas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kaukus mendesak pemerintah Indonesia untuk menuntut penuntasan penyelidikan insiden tersebut melalui jalur politik pada forum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI), ASEAN dan berbagai upaya diplomatik lainnya,” kata Koordinator Kaukus Parlemen Indonesia untuk Palestina, Al Muzammil Yusuf, dalam jumpa pers di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/6).

Kaukus juga meminta kepada Pimpinan DPR melalui Inter Parliamentary Union (IPU) untuk membekukan keanggotaan Israel dan menolak keikutsertaan delegasi Parlemen Israel di IPU dan berbagai Forum Parlemen Internasional.

“Kami juga mendesak PBB untuk memproses dan mengeluarkan resolusi serta menjatuhkan sanksi atas tindakan pelanggaran HAM Israel terhadap misi kemanusiaan,” ujar Al Muzammil.

Pemerintah Amerika Serikat juga diharapkan bisa memberikan sanksi militer dan ekonomi terhadap Israel sebagai bukti pidato Obama yang menjunjung tinggi penegakan HAM dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

Kaukus juga mendesak pemerintah Mesir untuk membuka pintu perbatasan Mesir-Gaza (Palestina) dan mengizinkan masuknya berbagai bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestian di Gaza.

Di akhir resolusinya, Kaukus juga menyerukan kepada negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel untuk menarik duta besarnya dari Israel sebagaimana dilakukan oleh Turki.

kcm/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya