SOLOPOS.COM - Anak-anak, Kamis (20/5/2021), menyaksikan ular yang ditangkap di Kali Pusur wilayah Kenaiban, Desa Kenaiban, Juwiring, Klaten. (Istimewa-warga)

Solopos.com, KLATEN -- Sejumlah warga Kenaiban, Kecamatan Juwiring, Klaten, meyakini di aliran Kali Pusur di desa setempat terdapat sarang ular berukuran jumbo. Meskipun hingga sekarang ini, warga belum menemukan sarang ular tersebut.

Diberitakan sebelumnya, warga Kenaiban RT 007/RW 004, Desa Kenaiban, Kecamatan Juwiring telah menangkap seekor ular piton sepanjang tiga meter di aliran Kali Pusur di desa setempat, Rabu (19/5/2021) pukul 18.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kuat dugaan, ular tersebut keluar dari sarangnya untuk memangsa hewan ternak milik warga di Kenaiban.

Baca juga: Hiii... Warga Tangkap Ular Piton Sepanjang 3 Meter di Kali Pusur Klaten

Kejadian penangkapan ular sepanjang tiga meter itu merupakan kali kedua di Kenaiban. Di waktu sebelumnya, warga Kenaiban juga sempat menangkap ular yang sama.

Bahkan, ukuran ular yang telah ditangkap sekitar dua tahun lalu itu panjangnya mencapai empat meter.

"Kemungkinan besar, ular yang ditangkap kemarin sore itu tunggale ular yang telah ditangkap dua tahun lalu. Di aliran Kali Pusur itu dimungkinkan juga ada sarang ularnya. Tapi, sampai sekarang belum ditemukan," kata warga Kenaiban RT 007/RW 004, Desa Kenaiban, Kecamatan Juwiring, yakni Murdoko, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (20/5/2021).

Baga juga: Fakta-Fakta Balon Udara Berisi Petasan Meledak di Klaten: Low Explosive Tapi Super Sensitif

Murdoko mengatakan ular piton biasanya keluar dari sarangnya saat mengalami kelaparan. Ular piton biasa mencari mangsa saat petang hari hingga malam hari.

"Saat ditangkap warga sini [Yusuf dan Jumaroh], ular sepanjang tiga meter itu ingin memangsa hewan ternak milik Yusuf. Kebetulan, kandang ternak [kambing dan burung] milik Yusuf berada di pinggir kali," katanya.

Warga Kehilangan Ayam

Salah seorang warga Kenaiban, Kecamatan Juwiring lainnya, Bagus, 30, mengatakan beberapa tetangganya sering kehilangan ayam berukuran kecil dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Belasan Hari Lengang, Aktivitas Terminal Ir Soekarno Klaten Kembali Menggeliat

Kuat dugaan, ayam-ayam kecil itu dimangsa ular berukuran jumbo yang ada di aliran Kali Pusur.

"Kalau lima ekor ayam sudah ada yang hilang diduga dimangsa ular. Makanya, saya pun ikut lega saat mendengar ada penangkapan seekor ular di Kenaiban. Semoga, tak ada lagi hewan ternak yang dimangsa ular di waktu mendatang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya