SOLOPOS.COM - Foto Truk Pasir Merapi JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Truk Pasir Merapi
JIBI/Harian Jogja/Antara

SLEMAN-Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, sedang menyiapkan pos timbang truk angkutan pasir yang akan dioperasikan selama 24 jam penuh setiap hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pos timbang truk angkutan tambang ini akan kami siapkan di jalur truk angkutan pasir dan dijaga petugas selama 24 jam,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Kabupaten Sleman Sulton Fatoni, Jumat (17/5).

Menurut dia, hal ini dilakukan karena selama ini razia terhadap truk angkutan pasir yang kelebihan muatan dan dilakukan berkala kurang efektif.

“Saat kami melakukan operasi penertiban maka truk-truk angkutan pasir tersebut memilih menunggu dulu di lokasi penambangan. Mereka baru keluar setelah razia selesai di lakukan, sehingga razia tidak optimal,” katanya.

Ia mengatakan, upaya penertiban truk angkutan pasir ini untuk meminimalisir kerusakan jalan di kawasan lereng Gunung Merapi dan sekitarnya.

“Selama ini banyak jalan di kawasan lereng Merapi yang rusak. Bahkan termasuk jalur-jalur evakuasi bencana. Kerusakan ini ditengarai akibat lalu lintas truk angkutan pasir yang melebihi kapasitas, dan setiap harinya mencapai ribuan truk,” katanya.

Sulton mengatakan, sesuai aturan dari Surat Keputusan Bupati Sleman tentang Normalisasi Sungai berhuku Merapi, truk angkutan pasir hanya boleh membawa muatan maksimal seberat empat ton atau enam meter kubik.

“Namun pada kenyataannya truk-truk angkutan tersebut membawa muatan pasir hingga mencapai tujuh ton lebih,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan untuk sarana dan prasarananya termasuk rambu-rambu untuk jalur truk angkutan pasir agar tidak melewati jalur evakuasi bencana Merapi.

“Nanti kalau semuanya sudah siap maka kami akan segera terapkan larangan truk angkutan pasir di jalur evakuasi dan pos timbang 24 jam,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya