SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan Jepang. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA–Tingginya kunjungan wisatawan asal Jepang ke Indonesia menjadi peluang besar untuk menarik wisatawan ini ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) terus menggencarkan promosi pariwisata ke Negeri Bunga Sakura ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Eksekutif BP2KY Artin Wuriyani mengatakan program promosi pariwisata ini seharusnya dapat terlaksana 2011 hingga 2012 lalu. Namun, akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda negeri ini, program tersebut harus tertunda.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami sempat absen mengikuti kegiatan promosi ke Jepang. Karena saat itu, Jepang juga baru fokus pada program recovery pasca bencana yang terjadi tahun 2010 silam. Jadi berdasarkan pertimbangan dari mitra kami di Jepang, kami pending dulu. Baru kemudian tahun ini kami aktifkan kembali,” jelas Artin, Senin (7/10/2013).

Berdasarkan analisa BP2KY, potensi wisata Jepang ke Jogja relatif tinggi. Tidak hanya dilihat dari hubungan historical dan partnership antara Jogja dan Jepang saja, tetapi juga potensi wisata yang dimiliki diantara keduanya.

Sementara data kunjungan wisatawan yang dirilis Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, tercatat angka kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia terus mengalami peningkatan.

Jepang masuk dalam lima besar, sebagai negara penyumbang wisatawan asing ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya