SOLOPOS.COM - Foto Bus Trans Jogja JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Bus Trans Jogja
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

JOGJA-Sebanyak 20 bus Trans Jogja milik PT Anindya Mitra Internasional (AMI) segera dioperasikan. Sayangnya hal ini tak memberikan pengaruh untuk memaksimalkan pelayanan angkutan publik kepada masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, beroperasinya bus itu tak bakal menambah jumlah armada. Dengan beroperasinya 20 bus Trans Jogja yang dihibahkan Pemerintah DIY ke BUMD itu, praktis menarik trayek 20 bus Trans Jogja milik Pemerintah Kota yang selama ini beroperasi dengan pelat kuning palsu.

Sementara Pemkot Jogja tak juga menghibahkan bus yang dipinjam pakai itu ke Pemerintah DIY. Dewan Kota Jogja ribut soal penghitungan ulang aset bus Rp6,27 miliar yang nilainya telah menyusut.

Mendekati deadline Pansus Trans Jogja DPRD DIY, pembahasan di Dewan Kota malah terhenti. Salah satunya karena saat ini adalah tahun politik, sehingga banyak anggota Dewan yang harus mengikuti agenda politis.

“Kalau tidak dihibahkan ke Pemda DIY ya dikembalikan ke Pemkot. Ya mau gimana lagi, tetap dengan 54 bus, kecuali PT JTT bisa menambah sendiri armada,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DIY, Tjipto Haribowo dalam pesan singkatnya, Kamis(18/4).

Padahal selama ini keluhan penggunan Trans Jogja adalah lamanya waktu tunggu kedatangan bus yang terkadang bisa mencapai 20-30 menit.

Menurutnya, hal itu dapat teratasi ketika jumlah armada Trans Jogja cukup. Tjipto mengatakan, jumlah ideal bus dalam empat trayek adalah 112 buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya