SOLOPOS.COM - Foto Taman Pintar JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Foto Taman Pintar
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

JOGJA-Tempat rekreasi dan edukasi, Taman Pintar yang telah menjadi ikon wisata di Kota Jogja terus dipadati wisatawan sejak akhir April, dan dimungkinkan jumlahnya terus bertambah selama libur panjang akhir pekan.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

“Musim libur panjang sekolah memang masih satu bulan lagi, namun arus pengunjung ke Taman Pintar terutama dari luar kota terus meningkat sejak akhir April. Peningkatan terlihat cukup signifikan saat akhir pekan,” kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Jogja, Kamis (9/5).

Berdasarkan data, jumlah pengunjung Taman Pintar pada akhir April telah mencapai lebih dari 5.000 orang, dan terus mengalami peningkatan pada awal Mei, terutama saat akhir pekan.

Pada Sabtu (4/5) tercatat sebanyak 6.517 orang dan pada Minggu (5/5) tercatat sebanyak 5.583 orang. “Diperkirakan, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada akhir pekan ini,” ucapnya.

Saat ini, Taman Pintar sedang menyiapkan sejumlah peraga baru yang nanti sudah bisa diakses oleh pengunjung saat libur panjang sekolah.

“Kami juga menambah fasilitas pada zona astronomi dengan membangun observatorium sehingga pengunjung tidak hanya dapat menikmati planetarium saja,” paparnya.

Fasilitas observatorium tersebut diperkirakan sudah dapat diakses oleh pengunjung pada pekan depan, sehingga pengunjung akan memperoleh informasi lebih lengkap mengenai benda-benda angkasa karena bisa melihat secara langsung melalui teleskop khusus yang disediakan.

“Dengan semakin lengkapnya fasilitas pembelajaran astronomi di Taman Pintar, maka kami juga berencana membentuk Klub Astronomi,” ujarnya.

Ia berharap, klub tersebut bisa mewadahi pelajar Kota Jogja yang memiliki minat khusus untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai benda-benda angkasa.

“Rencananya, pada Jumat (10/5) pukul 06.00 WIB, akan dilakukan pengamatan fenomena gernaha matahari dari lantai empat Taman Pintar,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya