SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tugu Jogja JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan

Ilustrasi Tugu Jogja
JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan

JOGJA–Pesatnya pertumbuhan industri hospitality di Jogja juga harus diimbangi dengan peningkatan objek wisata yang baru. Salah satu sektor yang dapat digarap yakni ditingkatkannya wisata malam berbasis budaya di kota ini.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“Pariwisata memang menjadi fokus kami selama ini, khususnya yang berbasis budaya. Pariwisata juga tidak bisa hanya berkembang satu aspek saja,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir Abdullah kepada Harian Jogja, Jumat (10/5).

Tazbir mengatakan saat ini wisata malam yang ada di Jogja masih sangat terbatas. Padahal seiring pertumbuhan hotel seharusnya dapat diintegrasikan juga dengan peningkatan objek wisata lainnya.

Menurutnya kalau hanya hotel saja yang berkembang, maka akan membuat persaingan yang tidak sesuai.

Rencana kabupaten Sleman untuk membuat Night Spektakuler seperti di Malang, kata Tazbir menjadi langkah tepat untuk dapat mengembangkan objek wisata lainnya.

Selama ini wisata malam di Jogja masih terpaku di beberapa titik saja, seperti di Tugu Jogja dan Masangin di Alun-alun Selatan.

“Dengan rencana tersebut, nantinya wisata malam tidak hanya Ramayana, pagelaran wayang atau Masangin saja. Masangin juga saat ini sudah sangat padat, bahkan wisatawan asing asal Singapura dan Malaysia sangat menyukai wisata ini,” papar Tazbir.

Kepadatan wisata malam masih terfokus pada beberapa titik saja. Pilihan objek wisata yang ada juga dinilai masih kurang variatif. Tazbir pun menegaskan hal ini menunjukkan bahwa Jogja masih kekurangan objek wisata malam yang dibutuhkan oleh wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

“Kalau ada taman rekreasi modern yang dapat disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya, maka akan sangat menguntungkan bagi Jogja,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya