SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

JOGJA—Sekitar 80 karya seni rupa milik 10 seniman legendaris Indonesia era 60-an bakal dipamerkan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Pemeran bertajuk Gelar Karya Maestro 2012 dihelat mulai 2-11 Desember mendatang.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ketua pameran Gelar Karya Maestro 2012, Sri Wahyuni menuturkan sepuluh peserta pameran merupakan seniman yang pernah berproses di kota Jogja dan tergolong berpengaruh dalam memberikan warna seni rupa di tanah air. Mereka tersebut diantaranya Affandi, G Sidharta, Hendra Gunawan, Roesli, Fajar,Sidik, Hendra Jasmoro, Edi Sunarto.

“Sepuluh peserta sebagian besar sudah meninggal dunia. Hanya satu dalam pameran ini yang masih hidup yaitu Edi Sunarto,” kata Sri Wahyuni kepada Harian Jogja, Senin, (26/11/2012).

Dari sekitar 80 karya yang dipamerkan tersebut, kata dia, sebanyak 20 karya diantaranya terpaksa meminjam kepada kolektor seni Oei Hong Djin, yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Hal itu terpaksa dilakukan karena mayoritas seniman telah meninggal dunia.

“Kamipun juga sempat kesulitan melacak jejak keluarga seniman untuk meminjam karyanya. Sehingga mau tidak mau kami pun terpaksa meminjam kepada kolektor seni,” ujarnya. Selain itu pula, beberapa karya yang dipamerkan terpaksa menggunakan replika karena banyak karya seniman yang telah lapuk dimakan usia sehingga sangat rentan jika harus dipamerkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya