Septic Tank Toilet Pekerja Proyek Pasar Legi Solo Meluber Ke Jalan Kampung, Baunya Ganggu Warga

Warga sekitar proyek pembangunan Pasar Legi Solo terganggu dengan bau kotoran manusia dari septic tank pekerja proyek yang penuh dan meluber.

 Kondisi toilet khusus pekerja proyek pembangunan Pasar Legi di Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo, Minggu (25/7/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kondisi toilet khusus pekerja proyek pembangunan Pasar Legi di Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo, Minggu (25/7/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Septic tank pekerja proyek pembangunan Pasar Legi Solo penuh sejak awal pekan lalu dan membeludak ke jalan kampung RT 001/RW 004 Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo.

Baunya dikeluhkan oleh warga karena sangat mengganggu. Selain itu, saluran limbah belasan rumah tangga di wilayah itu juga rusak. Warga mendesak pemerintah membangunkan ulang penampung limbah untuk mereka.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di jalan kampung mulai dari Jl Kusumoyudan menuju Jl Lumban Tobing, Minggu (25/7/2021), ada sekitar 14 keluarga yang bermukim di kampung tersebut.

Sepanjang jalan kampung ada sejumlah lapak pedagang kelapa. Di seberang rumah warga, berdiri seng pembatas proyek Pasar Legi Solo setinggi kira-kira tiga meter.

Baca Juga: Aturan Baru Penyekatan Jalan Solo: Siang Dibuka, Malam Ditutup

Aroma kotoran manusia menusuk hidung di area tersebut. Saluran air tak berfungsi dan dari celah-celah beton terlihat kondisi gorong-gorong penuh air limbah.

Salah satu warga setempat, Novianto, 48, menjelaskan septic tank toilet untuk pekerja pembangunan Pasar Legi rusak sejak awal pekan lalu. Akibatnya kotoran dan limbah dari toilet di balik pagar seng proyek itu meluber ke jalan kampung.

Diuruk Pasir

Warga menguruk jalan tersebut menggunakan pasir untuk menutupi kotoran dan limbah dari toilet yang digunakan pekerja proyek Pasar Legi Solo yang bekerja 24 jam setiap harinya.

“Septic tank toilet pekerja penuh sejak satu bulan setelah proyek berjalan. Ini meluber ke kampung. Lurah pasar sudah datang saat air limbah grojok ke jalan kampung,” jelasnya.

Baca Juga: Asrama Mahasiswa UNS Solo Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri OTG Covid-19

Ia menjelaskan limbah tersebut masuk ke gorong-gorong yang mengarah ke bangunan penampung limbah warga kampung setempat. Penampung limbah itu rusak atau tidak berfungsi sejak perobohan bangunan Pasar Legi sehingga kotoran masuk ke jalan kampung.

Menurutnya, warga memiliki bangunan penampung limbah rumah tangga, ruang untuk lapak bagi 15 orang bakul kelapa, dan poskamling. Namun pelaksana proyek Pasar Legi Solo menutup ruang/lahan tersebut menggunakan seng.

Warga lain, Herry Setyawan, 40, mengatakan warga memiliki septic tank tapi limbah rumah tangga lain masuk ke saluran air yang mengarah ke penampung limbah yang rusak tersebut. Warga juga berhadapan dengan banjir dengan lumpur saat hujan.

Sering Banjir

“Saat musim penghujan semakin banyak air mengalir ke situ [saluran air] sehingga semakin buntu dan sering banjir,” jelasnya.

Baca Juga: Viral, Pedagang Wedang Ronde di Solo Ini Mirip Jackie Chan

Menurutnya, warga pernah menyampaikan masalah rusaknya bangunan penampung dan limbah toilet pekerja proyek kepala Kepala Pasar Legi dan Lurah Setabelan. Tetapi warga hanya mendapat jawaban bahwa perbaikan menunggu anggaran pemerintah.

Ia berharap penampung limbah segera dibenahi secepatnya supaya lingkungan sehat. Warga juga berharap dilibatkan menjadi saksi pengukuran batas kampung dengan pasar. Warga juga diberikan akses masuk pasar di jalan kampung.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah (PPPW) II Anggoro Putro menjelaskan pelaksana proyek telah mengundang rapat warga setempat. Ia segera merespons aduan warga tersebut. “Saya segera sampaikan ke teman-teman proyek,” jelasnya.

Terpisah, Plt Camat Banjarsari, Beni Supartono, saat dimintai konfirmasi menjelaskan segera menindaklanjuti laporan mengenai masalah penampung limbah rumah tangga dan masalah saptic tank toilet khusus pekerja.


Berita Terkait

Berita Terkini

Targetkan Rp1,3 Miliar, Penggalangan Dana PMI Boyolali Diperpanjang

Penggalangan dana PMI diperpanjang karena saat ini capaian dana baru terkumpul Rp1,02 miliar atau setara 74,84 persen.

Peringati Hari Santri, Santri di Bendan Boyolali Diajak Bersihkan Kali

Kegiatan bersih sungai ini melibatkan 50-an santri putra Daarul Fath jenjang aliah atau setara SMA/SMK.

Catat! Jadwal Pemadaman Listrik Boyolali Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Banyak Warga Ambil Formulir Pendaftaran Perangkat Desa di Wonogiri

Banyak warga telah mengambil formulir pendaftaran pengisian perangkat desa di Kabupaten Wonogiri.

Duta Sheila on 7 Pun Ikut Antre Singkong Keju Produksi Jatinom Klaten

Duta, vokalis Sheila on 7, pernah ikut antre di outlet Singkong Keju Meletus pada awal produksi sekitar 2006.

Jadwal Pemadaman Listrik Klaten Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama enam jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Awas! Curah Hujan Jateng Diprediksi Sangat Tinggi pada Akhir Tahun

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta masyarakat di wilayah rawan bencana bersiap siaga menghadapi kemungkinan bencana akibat curah hujan tinggi akhir tahun ini.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.

Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Pria asal Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu memulai usaha olahan singkong ketika masih kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2006.

Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.