SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.Solopos)

Jogja (Solopos.com)–Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menyimpulkan perkembangan harga-harga sampai dengan 19 September 2011 relatif masih terkendali, hanya mengalami sedikit kenaikan.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain beras, daging sapi, jeruk, dan salak. “Namun demikian, kenaikan agak tertahan oleh penurunan harga pada beberapa komoditas seperti telur ayam ras, daging, minyak goreng, gula pasir dan lainnya,”ujar Ketua TPID DIY, Dewi Setyowati, Rabu (21/9/2011).

Khusus untuk komoditas beras stok Bulog sampai dengan akhir September, ujarnya, aman mencapai 8.875 ton. Pada bulan Oktober, stok akan ditambah dengan mendatangkan beras sebanyak 12.500 ton sehingga mampu memenuhi kebutuhan Raskin sampai awal 2012.

Dewi menambahkan faktor yang mempengaruhi inflasi bulan ini antara lain peningkatan tekanan permintaan karena banyaknya hajatan terhadap beberapa komoditas pokok, kenaikan harga emas di pasar internasional dan gangguan pasokan pada beberapa komoditas, khususnya semen.

“Kami perkirakan inflasi September 2011 tidak jauh beda dengan Agustus 2011, yaitu pada kisaran 0,4 persen-0,7 persen,”pungkasnya.

(JIBI/Harian Jogja/tan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya