SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Gara-gara sepi penumpang, PT Kereta Api Indonesia (PT KA) tidak lagi memberangkatkan KA Parahyangan untuk tujuan Jakarta-Bandung PP, mulai 27 April mendatang.

Kahumas PT KA Daop I Jabodetabek Sugeng, Sabtu (17/4) mengatakan, karena dalam beberapa perjalanan KA Parahyangan penumpangnya sangat sedikit sehingga tidak bisa lagi menutup biaya perjalanan. Maka, pihaknya menutup perjalanan untuk KA Parahyangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua rute ke Bandung-Jakarta PP digantikan dengan KA Argo Gede,” jelasnya.

Sugeng melanjutkan, selama ini kepadatan penumpang untuk KA Parahyangan hanya pada hari libur besar seperti Lebaran. Namun, hari-hari biasa, penumpang untuk KA Parahyangan kelas eksekutif 76 orang dan bisnis hanya 204 penumpang.

Sugeng menjelaskan, sebelum dihapus pihaknya sudah melakukan survey. Bahkan, untuk mengantisipasi berkurangnya penumpang PT KA juga sempat menurunkan tarif. Namun, hal itu juga tidak menarik masyarakat untuk menggunakan KA. Sehingga jalan satu-satunya adalah dengan menghapus KA Parahyangan dan mengoptimalkan perjalanan KA Argo Gede.

Sementara itu, Kepala Stasiun Gambir Sofyan Hasan mengatakan, sampai kemarin pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait penghapusan KA Parahyangan. “Kalau memang ada yang memesan tiket pada pemberangkatan tanggal 27 April sudah tidak bisa lagi, yang ada kami alihkan ke KA Argo Gede,” katanya menegaskan.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya