Kategori: Solo

Sepi Peminat, Pak Karto Solo Bertahan Menjual Sandal Karet Ban


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Karto, pria asal Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (Jateng), menjadi potret sulitnya pedagang kecil bertahan di tengah kerasnya kondisi ekonomi. Dia masih bertahan menjual barang yang tak lagi banyak diminati orang.

Pria berumur 63 tahun ini masih bersemangat menjual sandal yang terbuat dari karet ban. Meski sandalnya jarang diminati oleh orang, dia tetap berjualan dari pagi pukul 09.00 WIB hingga malam hari.

Pria yang akrab disapa dengan sebutan Pak Karto ini membuka lapak dagangannya di Jl. RE Martadinata, Gandekan, Jebres, Solo, tepatnya di sebelah barat pertigaan Gandekan. Jika sore hari, dia bergeser ke sebelah timur SMAN 3 Surakarta/Solo.

Virus Corona Tewaskan 132 Orang, 3 Pesawat TNI AU Disiapkan untuk Evakuasi WNI dari China

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengelola akun Instagram @saiff_food dan diunggah ulang oleh pengelola akun Instagram @soloinfo, Selasa (28/1/2020), sandal yang dijual Karto sebenarnya cukup murah, hanya Rp25.000 per pasang.

Harga sepasang sandal karet ban ini memang tak jauh berbeda dari sandal jepit biasa. Namun karena terbuat dari karet ban, sandal itu jauh lebih kuat meski lebih berat.

"Awet, Kuat dan Tahan Lama. Pengeen?? Beli dong sandal karet ban yang dijual Pak Karto 63 tahun asal kelurahan Sangkrah Solo ini.
Modelnya juga bervariasi lho. Model sandal gunung sampai sandal anak juga ada. Peminat sandal ban sekarang memang tidak banyak tapi Pak Karto juga tidak menyerah begitu saja, salutt," kata pengelola akun Instagram @saiff_food.

Ketika dimintai konfirmasi oleh Solopos.comĀ pada Kamis (30/1/2020) melalui direct messenger, pengelola akun @saiff_food membenarkan unggahannya itu.

Hadiah Solo Great Sale 2020 akan Diundi Setiap Pekan, Kamu Mau?

"Iya itu bahannya dari ban bekas. [Jualannya] dari pagi dilanjut malam pindah geser diseberang jalan depan toko cat," terang pengelola akun @saiff_food tanpa menyebutkan namanya.

Melihat usia Pak Karto yang tak lagi muda, netizen pengguna akun @nanang_setiawan95 meminta netizen lainnya untuk membeli sandal karet ban milik Pak Karto.

Golkar & Nasdem Gabung PDIP, Usung Hendi di Pilwalkot Semarang

"Ayok pada beli, biarpun ga kita pake, tp biar membantu ekonomi beliau, uangnya psti sangat berharga untuk menyambung hidup keluarganya. Niatkan sedekah, pasti dibalas lebih sama TUHAN YME," ungkap pengguna akun @nanang_setiawan95 yang berkomentar di unggahan @soloinfo.

10 Berita Terpopuler: Rider Ojol Dibacok hingga Kisi-Kisi SKD CPNS

Sementara itu, ada netizen yang mengaku sandal tersebut adalah favorit orang tuanya.

"Sandal favorite alm. bapaku min," beber pengguna akun @arie.yulieni.

Share
Dipublikasikan oleh
Adib Muttaqin Asfar