SOLOPOS.COM - Suasana perayaan kenaikan pangkat anggota Polres Gunungkidul, Senin (30/6/2014). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Polres Gunungkidul memberikan kenaikan pangkat kepada 60 anggotanya. Caranya pun terhintung unik, karena perayaan tersebut dilaksanakan dengan menyemprotkan air kepada anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat.

Kapolres Gunungkidul AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan cara ini dilakukan untuk memberikan rasa kebersamaan di antara anggotanya. Kenaikan pangkat diberikan kepada 60 anggota atas kinerja dan loyalitas tinggi.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Ini bentuk ujud syukur dan kebersamaan yang selama ini telah terjalin,” katanya, Senin (30/6/2014).

Selain itu, penyiraman menggunakan watercanon merupakan kejutan yang diberikan kepada mereka yang berhasil mendapatkan kenaikan pangkat. Harapannya, dengan kenaikan tersebut memberikan dampak terhadap kinerja dan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.

“Kita ingin kenaikan pangkat ini terus dikenang. Jadi, mulai saat ini, kenaikan pangkat akan dirayakan dengan menyemprotkan air,” terang Faried.

Sementara itu, saat prosesi berlangsung, seluruh anggota yang mendapatkan kenaikan pangkat dikumpulkan di halaman Polres Gunungkidul.

Setelah itu, mereka diajak untuk sujud syukur bersama, lantas keenampuluh anggota tersebut diminta berkumpul dan saling berjabat tangan.

Beberapa saat kemudian, petugas yang siap di atas watercanon langsung menyemprotkan air ke arah kerumunan petugas. Sayangnya, saat prosesi berlangsung ada dua orang anggota yang menghindar. Konsekuensinya, kedua petugas itu dipanggil secara tersendiri oleh Wakapolres Gunungkidul, Kompol Irwan Setiawan.

Apabila rekan-rekannya disiram menggunakan watercanon,  maka kedua anggota tersebut disiram air dengan menggunakan gayung. Selesai disiram air, kedua anggota tersebut diminta untuk bergabung dengan anggota yang lain. Tujuannya, untuk diberi ucapan selamat dan pengarahan dari Kapolres Gunungkidul.

“Awalnya kaget juga, namun tidak apa-apa. Jadi, perayaan kenaikan pangkat dengan disiram air akan terus saya kenang,” kata salah seorang anggota, Aiptu Suprapto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya