Seperti Bencana Besar Sebelumnya, Tsunami Selat Sunda Terjadi Akhir Pekan
Suasana pasca tsunami di kawasan Banten, Minggu (23/12/2018). Tsunami melanda pada Sabtu (22/12/2018) malam pukul 21.27 WIB dan mengakibatkan kerusakan dan ratusan korban jiwa. (Antara-Dian Triyuli Handoko)

Solopos.com, JAKARTA -- Ada yang menarik dalam konferensi pers Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jogja, Minggu (23/12/2018). Dalam keterangannya tentang tsunami di Selat Sunda yang menerjang pesisir Lampung Selatan dan Banten itu, Sutopo menyebutkan bahwa kebetulan bencana terjadi saat libur akhir pekan.

Kawasan Anyer dan pantai-pantai di Banten memang menjadi salah satu tujuan wisata khususnya saat musim libur panjang seperti saat ini. Saat tsunami menerjang, pantai-pantai tersebut dipenuhi oleh wisatawan karena telah memasuki long weekend yang disambung cuti bersama serta libur Natal 2019.

Terkait hal tersebut, rupanya Sutopo masih ingat dengan momen-momen bencana besar sebelumnya tahun ini yang terjadi saat libur weekend atau akhir pekan. Kebetulan, tsunami Selat Sunda juga terjadi saat weekend. Akibatnya, bencana terakhir juga menelan korban dari kalangan wisatawan yang memadati destinasi wisata itu.

"Bencana yang terjadi di Indonesia sering bertepatan dengan weekend. Kalo enggak Jumat sore, Jumat malam, Sabtu atau Minggu. Dan tanggalnya pasti di tanggal-tanggal 20-an. Coba cek itu bencana Palu, Aceh, NTB, terus ini," kata Sutopo.

Pernyataan ini sebenarnya hanya intermezo dalam sesi konferensi pers tersebut. Dia pun tidak berniat untuk menghubungkan momen-momen bencana yang kebetulan terjadi saat weekend. "Ya saya enggak tahu. Kalau ini diolah sama othak athik gathuk ya nyambung. Makanya ketika st kemarin kasih laporan. Saya sebut hingga tanggal kemarin karena ya belum selesai. Saya enggak tahu kenapa persisnya setiap weekend dan tangal 20-an," kata Sutopo.

Sutopo lebih menyebut 2018 ini sebagai tahun bencana. "Karena ini berdasarkan data jumlah bencana dan korban jiwa."

Kembali ke catatan bencana sebelumnya, gempa besar berkekuatan 7 skala Richter di Lombok dan daerah sekitarnya di Nusa Tenggara Barat terjadi pada Minggu (5/8/2018) malam. Beberapa lama setelah gempa Lombok berlalu, gempa dan tsunami menerjang kawasan pesisir pantai di Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) petang.

Sementara itu, gempa besar yang disusul tsunami besar di Aceh 2004 lalu juga terjadi pada Minggu, tepatnya 26 Desember 2004.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom