Sepekan, Polres Sragen Ungkap 2 Kasus Pencurian, Kerugian Rp73 Juta

Sepekan polisi Sragen berhasil mengungkap dua kasus pencurian di sebuah rumah dan toko dengan kerugian mencapai Rp72 juta.

 Aparat Polsek Sukodono, Sragen, melakukan olah kejadian perkara di sebuah toko yang menjadi locus kejadian pencurian dengan pemberatan di wilayah Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Humas Polres Sragen)

SOLOPOS.COM - Aparat Polsek Sukodono, Sragen, melakukan olah kejadian perkara di sebuah toko yang menjadi locus kejadian pencurian dengan pemberatan di wilayah Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, belum lama ini. (Istimewa/Humas Polres Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Dalam sepekan, Polres Sragen berhasil mengungkap dua kasus pencurian dengan pemberatan di dua lokasi.

Dua kasus pencurian itu mengakibatkan kerugian materiil yang dialami korban mencapai Rp73 juta.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Sragen Iptu Ari Pujiantoro kepada wartawan mengungkapkan kasus pertama terjadi pada Minggu (11/9/2022) di wilayah Krapyak, Sragen Wetan, Sragen.

Dia mengatakan kasus pencurian itu didasarkan pada aduan korban, Sri Mulyani, warga Krapyak, yang kehilangan perhiasan berupa cincin, anting, dan gelang senilai Rp40 juta.

“Kasus pencurian itu bermula pada Sabtu (10/9/2022) pukul 07.00 WIB, korban meninggalkan rumah pergi ke Jogja. Kondisi rumah dihuni oleh keluarga. Pada pukul 09.00 WIB, perawat burung dan orang luar ada di rumah itu. Si perawat burung menghubungi anak pertama korban untuk mengantar ke suatu tempat sehingga yang di rumah tinggal orang luar yang dikenal bernama A. Setelah 30 menit, perawat burung dan putra korban pulang, tetapi tidak mendapati A di rumah itu,” ujarnya.

Dia melanjutkan korban pulang pada pukul 19.00 WIB. Begitu masuk kamar, kata dia, korban curiga melihat jendela terbuka sedikit, tetapi tidak terlalu dipikirkan karena kecapaian kemudian korban tidur. Pada Minggu pagi, Ari menjelaskan saat anggota keluarga membuka jendela kamar yang terbuka sedikit itu ternyata dalam kondisi pecah kacanya.

“Korban mengecek barang-barang berharga di lemari. Ternyata banyak perhiasan yang hilang, berupa cincin, anting, dan gelang. Kemudian kejadian itu dilaporkan ke polisi,” jelas dia.

Dia menjelaskan polisi mencurigai A, orang luar yang sempat di rumah korban sendirian pada Sabtu siang. Kemudian polisi mengamankan A untuk diinterogasi lebih lanjut.

Ari menjelaskan kasus kedua terjadi di sebuah toko wilayah Desa Baleharjo, Kecamatan Sukodono, Sragen, pada Sabtu (10/9/2022) malam.

Hasil penyelidikan atas kasus tersebut, jelas Ari, polisi berhasil mengamankan pelaku N, warga Kabupaten Bangka Barat yang tinggal di Baleharjo, Sukodono, pada Kamis (15/9/2022).

Dia menjelaskan kasus kedua tersebut terungkap berdasarkan laporan korban Muhammad Rizky Romdhoni, pemilik toko di Baleharjo. Dia mengatakan modus operandi yang dilakukan pelaku, yakni pelaku mengambil sebuah kartu anjungan tunai mandiri (ATM) milik korban kemudian menguras uangnya senilai Rp33 juta

“Kejadian itu bermula saat korban menaruh kartu ATM di meja toko miliknya. Kemudian datang pelaku yang berpura-pura belanja kemudian mengambil kartu ATM itu. Pada keesokan harinya pelaku menarik isi ATM itu senilai Rp13 juta dan Rp20 juta di dua lokasi berbeda. Uang itu digunakan pelaku untuk belanja perlengkapan pribadi senilai Rp6,09 juta,” ujarnya.

Dari hasil penyelidikan, kata Ari, polisi mencurigai N dan kemudian menangkapnya di lokasi tempat tinggalnya di wilayah Baleharjo, Sukodono. Dari tangan pelaku ditemukan barang bukti berupa kartu ATM milik korban, uang tunai Rp6,09 juta, dua ponsel hasil kejahatan, dua nomor ponsel, perlengkapan ponsel, 18 potong pakaian, serta motor Yamaha N-Max yang digunakan sebagai sarana kejahatan.

Dua pelaku dalam dua kasus pencurian itu masih dalam pengembangan. Polisi akan menjerat dua pelaku itu dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.