Sepekan, Polda Jateng Amankan 900 Gram Sabu-Sabu

Ditresnarkoba Polda Jateng berhasil menggagalkan peredaran total 900 gram sabu-sabu yang dilakukan lima tersangka dari lokasi yang berbeda.

 Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol. Lutfi Martadinata, saat menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus peredaran narkoba dalam sepekan terakhir di kantornya, Selasa (21/9/2021). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

SOLOPOS.COM - Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol. Lutfi Martadinata, saat menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus peredaran narkoba dalam sepekan terakhir di kantornya, Selasa (21/9/2021). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Aparat Ditresnarkoba Polda Jawa Tengah (Jateng) membongkar peredaran 900 gram sabu-sabu di empat lokasi berbeda dalam kurun sepekan terakhir. Dari kasus tersebut, polisi menangkap lima tersangka yakni AP, 23, asal Kota Semarang; IW, asal Magelang; B, 27, asal Kota Pekalongan; dan AJ dan ARS yang ditangkap di Kota Semarang.

“Kelima tersangka ini berasal dari daerah yang berbeda. Kita masih menyelidiki apakah mereka berasal dari jaringan yang sama,” ujar Direktur Reserse dan Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Jateng, Lutfi Martadian, di kantornya, Selasa (21/9/2021).

Lutfi menyebutkan kasus pertama diungkap di Kota Semarang, tepatnya di wilayah Gayamsari, Senin (13/9/2021). Di lokasi itu, polisi menangkap AP, 23, warga Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang yang tengah mengambil sabu-sabu seberat 100 gram yang dikirim seseorang berinisial T.

Baca Juga: Sudah Alami Kecelakaan, Belasan Pegawai RSUD Terancam Sanksi dari Wali Kota Semarang

“Saat ini T masih kita kejar dan masuk DPO [daftar pencarian orang]. Sabu-sabu seberat 100 gram itu rencana dibagi dalam beberapa paket untuk diedarkan,” ujar Lutfi.

Sementara itu, kasus kedua diungkap di wilayah Kota Pekalongan, Kamis (16/9/2021). Di lokasi itu, polisi menangkap B, 27, warga Medono yang juga berniat mengedarkan sabu-sabu seberat 50 gram.

Setelah itu, aparat Ditresnarkoba Polda Jateng kembali menangkap tersangka pengedar narkoba bernama IW, warga Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang di sebelah toko retail modern di kawasan Gajahmungkur, Kota Magelang, Jumat (17/9/2021). Dari penangkapan IW, polisi mendapati sabu-sabu seberat 55,23 gram.

Baca Juga: Polda Gelar Operasi Patuh Candi 2021, Tapi Aparat Tidak Boleh Melakukan Razia

Terminal Ungaran

Terakhir, aparat Ditresnarkoba Polda Jateng menangkap dua tersangka atas nama AJ, warga Pudakpayung Semarang dan ARS, warga Batang pada Sabtu (18/9/2021). Keduanya ditangkap di dua lokasi yang berbeda. Adam ditangkap di wilayah Gajahmungkur, Kota Semarang sedangkan Adi di sekitar Terminal Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dari kedua tersangka tersebut, polisi menyita sekitar 700 gram sabu-sabu yang akan diedarkan dalam kemasan kecil.

“Atas perbuatan ini, para tersangka dijerat Pasal 114 ayat 1 juncto Pasal 112 ayat 1 UU No. 35/2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman mati, pidana seumur hidup, atau penjara maksimal 20 tahun,” ujar Dirresnarkoba Polda Jateng.


Berita Terkait

Berita Terkini

Capaian Vaksinasi Dosis Satu 40,92 Persen, Grobogan Bertahan Level 3

Kabupaten Grobogan sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Protes Tempat Karaoke & Prostitusi Ditutup, Ormas di Pati Surati Jokowi

Penutupan prostitusi dan tempat karaoke ilegal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah (Jateng) mendapat protes dari organisasi masyarakat (ormas).

Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Bendungan atau waduk Wadaslintang di wilayah Wonosobo dan Kebumen memiliki panorama yang indah hingga disebut sebagai mini Danau Toba.

Kisah Petani Magelang Raup Cuan dari Porang

Petani di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sedang bersemangat dalam menggeluti budi daya tanaman porang.

Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Lokasi wisata rumah pohon yang berada di Kecamatan Bandar ini memberikan suguhan panorama alam dari atas pohon dan juga memberikan sensasi kesejukan.

Hore! Magelang PPKM Level 2, Taman Kyai Langgeng Segera Dibuka

Objek wisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang akan kembali dibuka atau menerima kunjungan wisatawan, akhir pekan ini.

Emoh Banteng Vs Celeng, Ketua PDIP Salatiga Ingin Jokowi Tiga Periode

Ketua PDIP Salatiga, Teddy Sulistio, mendukung wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Pemuda Nekat Sebar Foto Bugil Mantan Pacar Gegara Sakit Hati Diputus

Seorang pemuda menyebarkan foto bugil mantan pacarnya karena sakit hati diputuskan.

Kawasan Industri Batang Bencana untuk Warga Lokal?

Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang menyebabkan sejumlah bencana bagi masyarakat lokal, seperti banjir yang membawa material pembangunan serta lumpur.

Wringin Seto, Kepercayaan Asli Warga Blora Lahir di Solo

Ajaran Kekandangan Wringin Seto kali pertama disebarkan oleh Eyang Amiseno dan Amiluhur di Kota Solo yang kemudian menyebar dan menjadi kepercayaan warga Blora.

Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Wisata Guci terletak di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050 – 1250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memiliki luas 20 hektare terkenal dengan air terjun dan pancuran air panas.

Seleksi CASN Kemenkum HAM Transparan & Bebas KKN, Jangan Percaya Calo!

Peserta seleksi CASN Kementerian Hukum dan HAM diimbau tidak percaya oknum atau orang yang tidak bertanggungjawab, yang menjanjikan bisa membantu atau meluluskan.

Kraca, Kuliner Khas Banyumas dari Keong

Kraca merupakan kuliner khas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang bahan dasarnya berupa keong sawah.

Tak Bisa Renang, Bocah asal Grobogan Tenggelam di Saluran Irigasi

Lutfia Fadilla, 11, tenggelam di saluran irigasi Dusun Tuwung, Desa Suru, Kecamatan Geyer, Selasa (19/10/2021) karena tidak bisa berenang.

Dulu Sinyal Susah, Ganjar Datang Kini Internet di Desa Ini Ngebut

Peningkatan layanan Internet di desa itu sangat berpengaruh positif terhadap keberlangsungan pendidikan dan ekonomi warga.

Jateng Borong Penghargaan Proklim 2021 dari KLHK

Selain Pemprov Jateng, dua desa di Jateng yakni Sruni di Kabupaten Boyolali dan Sambak di Kabupaten Magelang memperoleh penghargaan tertinggi.