SOLOPOS.COM - Yamaha R15. (Yamaha-motor.co.id)

Sepeda motor Yamaha R15 terbaru dikabarkan dibekali mesin DOHC.

Solopos.com, JAKARTA – Sepeda motor Yamaha R15 sudah dijual di Indonesia sejak April 2014 lalu. Tetapi baru-baru ini motor sport  SOHC 150 cc itu ketahuan diuji lagi oleh PT Yamaha Indonesia (YIMM). Ada apa gerangan?

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dalam beberapa foto yang beredar di Internet tampak  sepeda motor Yamaha R15 terpergok ketika tengah diuji di jalanan Jakarta. Tidak sendiran, rival Honda CBR150R itu dikawal oleh dua unit Yamaha Mio M3.

Foto yang beredar hanya berhasil mengabadikan mulai bagian jok tengah Yamaha R15 ke belakang. Tetapi dapat dilihat, di bagian tersebut sama sekali tidak ada perubahan dari model yang saat ini dijual.

Dugaan kemudian berkembang liar dan menyebut bahwa YIMM tengah menyiapkan Yamaha R15 versi mesn DOHC 150 cc. Benarkah demikian?

Pengamat otomotif Iwan Banaran membenarkan bahwa uji jalan umumnya dilakukan jika kuda besi dibekali mesin baru atau setidaknya ada update di sektor dapur pacu. Akan tetapi untuk kasus Yamaha R15 kali ini sepertinya berbeda.

“Walau teman-teman blogger sangat yakin YIMM sedang ngetes mesin DOHC untuk R15, saya hingga kini belum menemukan bukti konkret. Artinya apa? Diduga R15 masih menggunakan mesin yang sama [tetap SOHC],” tulis Iwan dalam blog miliknya, Selasa (9/2/2016).

Menurutnya perubahan pada Yamaha R15 terbaru akan lebih dipusatkan pada tampilan luar. Kendati hanya ubahan kosmetik, uji jalan tetap diperlukan untuk mengetahui ketahanan komponen-komponen baru.

Sebelumnya hal yang sama juga pernah dilakukan YIMM ketika menyiapkan sepeda motor Yamaha New Vixion Advance. Meski perubahan hanya pada bentuk lampu depan dan shroud, YIMM tetap melakukan uji jalan hingga ribuan kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya