SOLOPOS.COM - Setang Yamaha Aerox. (Tmcblog.com)

Sepeda motor Yamaha Aerox memiliki beberapa komponen milik Vixion.

Solopos.com, JAKARTA – Yamaha memastikan tidak lagi memproduksi skuter matik (skutik) Xeon. Sebagai gantinya, pabrikan asal Jepang itu menghadirkan sepeda motor Yamaha Aerox. Penasaran seperti apa bentuknya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak seperti sepeda motor Yamaha Aerox versi benua Eropa dibekali bodi berotot, versi Indonesia memiliki desain lebih ramping. Tetapi tetap saja, tampang Aerox racikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak bisa disebut kalem.

Lampu utama Yamaha Aerox. (Mansarpost.com)

Lampu utama Yamaha Aerox. (Mansarpost.com)

Setangnya terasa kekar mirip X-Ride, namun pada Aerox ditambahkan batok depan dengan desain meruncing ke bawah. Masih menyatu dengan batok, di bawahnya ada sepasang lampu sein yang dicomot dari Vixion Lightning.

Sementara itu posisi lampu utama Aerox berada di tebeng seperti Xeon. Bedanya, dimensinya kini lebih sipit, mengingatkan pada Vario Techno generasi pertama. Akan tetapi pada Aerox rumah lampunya terbagi tiga bagian, yakni kanan, tengah, dan kiri.

Bergeser ke buritan, desain runcing khas Xeon masih dipertahankan. Uniknya, Aerox dibekali lampu belakang dan lampu sein milik Vixion Advance. Kemiripan dengan Vixion makin terasa karena handle grip belakang posisinya dipindah ke samping bawah.

”Nah ini yang unik, desain Aerox mengarah ke model robotik, lancip dan nyeleneh,” ungkap pengamat otomotif Iwan Banaran.

Yamaha Aerox tampak belakang. (Tmcblog.com)

Yamaha Aerox tampak belakang. (Tmcblog.com)

”Melihat bodi dan pelek yang berwarna biru, saya berani tebak Aerox memiliki striping Motogp seperti Jupiter Z1 tahun 2013, tanpa logo Movistar,” terang pengamat otomotif Taufik Hidayat.

Berbicara soal jeroannya, Taufik meyakini sepeda motor Yamaha Aerox tetap dibekali mesin 125 cc dengan radiator sebagai pendingin mirip pada Xeon. Meski belum pasti, fitur variable valve actuation (VVA) yang saat ini digunakan pada Yamaha Nmax serta teknologi Blue Core disebut-sebut juga akan diberikan pada Aerox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya