SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sepeda motor Yamaha R3 bermesin turbocharger tepergok diuji di Italia.

Solopos.com, MILAN – Setelah Kawasaki dan Suzuki, kini gantian Yamaha yang dikabarkan bermain dengan mesin turbocharger. Bukan pada produk kelas atas, melainkan pada kelas entry level, yakni sepeda motor Yamaha R3.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Motorbikemag, Kamis (15/10/2015), versi ekspor dari sepeda motor Yamaha R25 itu tepergok tengah diuji oleh Yamaha Italia di sirkuit Mugello. Bukan R3 biasa, sebab mesinnya tampak sudah dibekali perangkat turbocharger.

Hal itu tampak dari adanya perbedaan pada sektor pangkal pipa knalpot (manifold exhaust). Laman berbahasa Spanyol itu mengatakan di sektor tersebut telah terpasang turbin yang merupakan perangkat inti dari mesin turbocharger.

Pengamat otomotif Taufik Hidayat juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, turbin akan berputar memanfaatkan udara yang keluar dari manifold exhaust dan mengalirkan udara kembali ke ruang bakar melalui intake manifold.

“Udara akan dihisap oleh compressor housing kemudian ditembakkan ke ruang bakar melalui intake manifold. Tapi sebelumnya akan melewati intercooler supaya udara lebih dingin,” terang Taufik.

Dengan asupan udara tambahan tersebut, tenaga yang dikeluarkan mesin akan melonjak drastis meski kapastiasnya tidak diubah.

Kendati demikian, belum ada informasi lebih jauh apakah sepeda motor Yamaha R3 bermesin turbocharger bakal diproduksi massal. Dugaan sementara motor sport fairing itu akan ditampilkan Yamaha di pameran otomotif Italia (EICMA) 10-15 November 2015 mendatang.

Seperti diketahui, sepeda motor Yamaha R3 merupakan versi 300 cc dari Yamaha R25. Meski beredar di Eropa, rival Kawasaki Ninja 250 itu sejatinya diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta.

Dalam kondisi standar, sepeda motor Yamaha R3 mengusung mesin DOHC 321 cc dua silinder berpendingin cairan bertenaga 41,4 hp pada 10.750 rpm dan torsi puncak 29,6 Nm pada 9.000 rpm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya