SOLOPOS.COM - Yamaha Mio Z. (Twitter.com)

Sepeda motor Yamaha Mio Z tidak sama persis dengan Mio M3.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor Yamaha Mio Z resmi diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Bentuk dan mesinnya sama persis dengan Mio M3, lantas dimana perbedaannya?

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Perbedaan pertama, sebagaimana dikutip Solopos.com dari akun resmi YIMM di Twitter, Rabu (30/3/2016), sepeda motor terbaru Yamaha Mio Z dibekali ban depan berukuran 80/80-14 dan ban belakang 100/70-14.

Ukuran tersebut lebih lebar dari Mio M3 yang menggunakan ban 70/90-4 dan 80/80-14. Membesarnya ban juga berdampak pada penggunaan pelek yang lebih lebar. Kendati demikian bentuk palangnya tidak berubah.

Tidak berhenti di situ, penggunaan ban dan pelek lebih lebar menuntut Mio Z memiliki sepatbor depan lebih besar. Itulah yang menjadi perbedaan kedua. Sebab jika tetap menggunakan bawaan Mio M3, ban dan sepatbor akan bergesekan.

Perbedaan ketiga masih pada sektor kaki-kaki, tepatnya pada suspensi belakang. Skutik Yamaha Mio Z mendapat suspensi berwarna merah. Sedangkan Mio M3 suspensinya berwarna hitam. Tetapi tidak ada perbedaan pada bentuk dan keempukannya.

Perbedaan selanjutnya terdapat pada striping dan warna bodi. Yamaha Mio Z hanya hadir dalam dua pilihan warna, yakni Hitam Zagoan dan Putih Zuara. Dua warna itu terasa mewah berkat penggunaan cat berkarakter doff seperti pada Honda Vario 150.

Sementara Mio M3 memiliki pilihan warna dan striping lebih banyak, hingga enam varian. Karena menyasar segmen anak muda, pilihan warna yang disajikan pun bernuansa lebih ceria dan ngejreng.

Perbedaan terakhir adalah soal harga. Skutik Mio M3 saat ini dibanderol Rp14,7 juta on the road Jakarta. Sedangkan sepeda motor terbaru Yamaha Mio Z, harganya dipatok Rp15,1 juta atau lebih mahal Rp400.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya