SOLOPOS.COM - Tombol ISS pada skutik Honda. (Welovehonda.com)

Sepeda motor Yamaha gunakan fitur mirip Idling Stop System Honda.

Solopos.com, SOLO – Fitur idling stop system (ISS) kabarnya bakal hadir di sepeda motor Yamaha. Sebelumnya fitur penghemat bahan bakar itu hanya dijumpai pada skutik besutan Honda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Kamis (3/3/2016), fitur ISS khusus sepeda motor Yamaha diciptakan oleh Kouji Sakai dan telah terdaftar dengan kode EP 278908 A1 di laman Google Patent sejak Oktober 2014.

Cara kerjanya pun tak jauh berbeda dari ISS skutik Honda, yakni dengan perhitungan otomatis terhadap bukaan gas (throttle), kecepatan motor, putaran mesin, suhu mesin, hingga kondisi aki1.

Menariknya, dalam paten itu tampak sketsa sepeda motor mirip skutik Yamaha Mio. Ada indikasi fitur ISS akan dipasang di lini Mio Series, Tetapi menurut pengamat otomotif Taufik Hidayat, fitur tersebut akan dijejalkan pada skutik 150 cc.

“Fitur idling stop skutik Yamaha disinyalir dimulai dari segmen 150 cc dulu, mungkin update untuk Nmax,” ungkapnya,

Sayangnya hingga saat ini belum ada komentar resmi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terkait paten fitur ISS khusus sepeda motor Yamaha tersebut.

Sebagai informasi, ISS menghemat bahan bakar dengan cara mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti sejenak. Selanjutnya ketika tuas gas diputar, mesin akan kembali hidup.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya