SOLOPOS.COM - Yamaha R1 dengan knalpot Akrapovic berukuran panjang. (Visordown.com)

Sepeda motor Yamaha R1 dan R1M di Jepang harus menanggalkan knalpotnya karena diaggap terlalu bising.

Solopos.com, TOKYO – Jika Anda berkunjung ke Jepang, jangan heran bila  melihat sepeda motor Yamaha R1 tampil dengan wujud agak “aneh”. Pasalnya, knalpot bawaan R1 yang semula berukuran pendek dan selaras dengan desain bodinya itu dianggap terlalu bising oleh aturan di Jepang. Alhasil, knalpot itu harus diganti dengan knalpot berukuran lebih panjang.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Peraturan itu diterapkan karena peraturan ketat mengenai batas kebisingan knalpot yang diterapkan di Negeri Samurai itu. Dilansir laman Visordown, Kamis (9/4/2015), untuk mematuhi aturan yang ketat di Jepang itu, Yamaha mengganti knalpot standar R1 dengan knalpot besutan Akrapovic.

Di beberapa foto yang tersebar di Internet dapat dilihat knalpot itu memiliki desain yang kurang sesuai dengan bodi R1. Ukurannya pun terlalu panjang, bahkan panjangnya melebihi ujung ban belakang.

Sebelum Yamaha R1 dan R1M, Ducati Panigale 1199 yang hadir dengan knalpot “seksi”-nya juga harus mengalami hal serupa hingga tampilannya menjadi tak keruan. Kendati demikian, aturan tersebut tetap harus dipatuhi oleh semua produsen otomotif baik roda dua maupun roda empat.

Dampak dari digantinya knalpot standar Yamaha R1 dan R1M dengan knalpot Akrapovic memang belum diketahui secara pasti. Namun, kabar yang beredar menyebutkan dampaknya tak akan separah Ducati Panigale yang harus kehilangan daya mesinnya hingga beberapa level.

Selain peraturan yang rumit mengenai kebisingan knalpot, peraturan mengenai penjualan motor berkubikasi besar juga tak kalah rumit. Meski sepeda motor Yamaha R1 dan R1M diproduksi langsung di Jepang, produk itu justru tak dipasarkan sebagai produk lokal. Untuk menjualnya ke konsumen di Jepang, Yamaha Jepang harus mengekspornya terlebih dahulu, lalu diimpor kembali oleh diler Presto Corporation.

Seperti diketahui, sepeda motor Yamaha R1 dan R1M merupakan motor sport full fairing terbaru yang dibekali seabrek teknologi canggih. Suara knalpot yang dihasilkan saat tuas gas motor itu ditarik juga terdengar galak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya