SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sepeda motor terbaru Piaggio Vespa S kini hadir dalam varian 125 cc yang diklaim lebih irit bahan bakar.

Solopos.com, SOLO – PT Piaggio Indonesia (PI) resmi meluncurkan sepeda motor Vespa S 125. Skuter matik (skutik) asal Italia itu diklaim lebih irit bahan bakar dan lebih lincah. Lalu seperti apa “jeroan” Vespa terbaru itu?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak muncul di Indonesia, Vespa terkenal dengan mesin berkubikasi 150 cc. Namun terobosan baru dilakukan PI dengan meluncurkan sepeda motor terbaru Vespa 125 cc. Dikutip Solopos.com dari laman resmi Vespa Indonesia, Rabu (13/5/2015), berikut jeroan Vespa S 125:

Vespa S 125 dibekali mesin 124,5 cc empat langkah tiga katup fuel injection. Disebutkan mesin itu telah mendapat sentuhan khusus dari Vespa Italia sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit hingga 30 persen ketimbang versi mesin 150 cc yang memiliki rasio 38 km per liter bensin.

PI mengklaim skutik rasa Eropa itu dapat menyemburkan tenaga hingga 9,6 hp pada putaran 7.750 rpm serta torsi mencapai 9,5 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga itu selanjutnya disalurkan ke roda belakang lewat transmisi Continous Variable Transmission (CVT).

Jika diteliti, angka-angka itu tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan semburan tenaga Vespa Sprint 150 yang berada di kisaran 11 hp dan torsi 12 Nm. Sektor pendinginan mesinnya pun masih sama, yakni memanfaatkan tekanan udara.

Melongok suspensinya, Vespa S 125 dibekali suspensi single arm helical serta peredam kejut hidrolis double acting di kaki depan. Sedangkan di kaki belakang menggunakan mono shock dengan empat tingkat kekerasan yang dapat disetel.

Di sektor ban, Piaggio telah menyematkan ban tubeless berukuran 110/70 11 inci. Sedangkan ban belakang menggunakan ban tubeless 120-70 10 inci. Skutik seharga Rp28,5 juta itu makin lincah bermanuver karena memiliki dimensi bodi yang ramping, yakni 1.770 mm panjang dan 705 mm lebar.

Dilansir laman Metrotvnews, Managing Director PI, Marco Noto La Diega menjelaskan bahwa penggunaan mesin 125 cc pada sepeda motor terbaru Vespa S bukanlah penurunan kualitas, melainkan untuk memberi lebih banyak pilihan kepada konsumen.

“Bukan downgrade, kami hanya memperluas range produk kami di Indonesia. Warnanya juga lebih stylish, matte yellow dan matte blue,” ujar Marco.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya