SOLOPOS.COM - Knalpot TVS Apache 200. (Tmcblog.com)

Sepeda motor TVS Apache RTR 200 memiliki knalpot tidak biasa.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor terbaru TVS Apache RTR 200 4V memiliki knalpot dengan bentuk yang tidak biasa. Pabrikan asal India itu menyebutnya sebagai double barrel muffler, apa istimewanya?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tidak seperti pada Honda New CB150R maupun Yamaha Vixion, knalpot sepeda motor TVS Apache 200 tampak unik karena memiliki dua tabung serta dua lubang di ujungnya. Desainnya cukup eye catching karena sekilas mirip pistol.

Tetapi ternyata bentuk itu tidak sembarangan dibuat. Pengamat otomotif Iwan Banaran menjelaskan dua lubang pada tabung atas berfungsi untuk menghasilkan suara knalpot berfrekuensi rendah.

”Sehingga dari juah biker sudah tau bahwa yang lewat adalalah motor Apache 200,” ujar Iwan sebagaimana dikutip Solopos.com dari blog miliknya, Senin (1/2/2016).

Fungsi lain dari tabung atas adalah sebagai saluran pembuangan gas akhir. Sedangkan tabung bawah yang bentuknya nyentrik itu ternyata bertugas sebagai rumah catalityc converter. Komponen itu berfungsi menyaring emisi dari pembakaran di dalam mesin.

Head of Marketing PT TVS Indonesia, Rizal Tandju mengatakan fungsi knalpot sepeda motor TVS Apache 200 sebenarnya sama seperti knalpot tabung biasa. Bedanya hanya catalityc converter dibuat terpisah sehingga memunculkan kesan berotot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya