SOLOPOS.COM - MV Agusta Rivale. (Sportrider.com)

Sepeda motor terbaru MV Agusta tiruan alias “KW” berhasil diciptakan Tiongkok.

Solopos.com, BEIJING – Selain lihai menjiplak perangkat elektronik, Tiongkok juga pandai membuat sepeda motor tiruan. Tidak tanggung-tanggung, yang dijiplak adalah sepeda motor sport racikan Italia seharga lebih dari Rp200 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah Yamaha, Honda dan BMW, kini giliran sepeda motor asal Italia, MV Agusta Rivale, yang dijiplak Tiongkok. Dilansir laman Visordown, Senin (13/7/2015), desain sepeda motor tiruan itu didaftarkan ke badan hak paten dengan kode YX300C6C.

Karena baru dalam tahap pengajuan desain, kemungkinan sepeda motor itu belum diproduksi dalam jumlah banyak. Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui pabrikan yang membuat motor jiplakan itu.

Sejatinya, sepeda motor MV Agusta Rivale memiliki bobot 184 kg dan dibekali mesin 800 cc bertenaga 125 hp. Akan tetapi sepeda motor tiruan itu menggunakan mesin yang lebih kecil bahkan kurang dari separuhnya, yakni hanya 300 cc.

Sedangkan jika melihat bodinya, antara YX300C6C dengan MV Agusta Rivale hampir tidak memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling kentara hanya terletak pada bentuk susunan blok mesin. Sayangnya dalam laporan pengajuan desain itu tidak disertai spesifikasi teknis yang lebih detail.

Jika nantinya sepeda motor YX300C6C resmi diproduksi, dapat dipastikan harganya akan jauh lebih murah dari MV Agusta Rivale asli. Mengetahui patennya dilanggar, pihak MV Agusta di Tiongkok kabarnya tengah menyiapkan berkas tuntutan ke pengadilan.

Sebelumnya,  sejumlah sepeda motor tiruan juga pernah diciptakan oleh Tiongkok. Beberapa di antaranya adalah Yamama R6 yang merupakan jiplakan Yamaha R6, Wonjan 150R yang menjiplak Honda CBR150R dan Leike Thunderer yang merupakan tiruan dari BMW S1000RR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya