SOLOPOS.COM - Suzuki Satria FU150 S. (Suzuki.co.id)

Sepeda motor Suzuki Satria FU150 S hadir sebagai varian termurah.

Solopos.com, JAKARTA – Menyadari persaingan sepeda motor segmen 150 cc entry level makin ketat, Suzuki akhirnya merilis sepeda motor Satria FU150 versi murah. Alhasil, Satria FU150 S ini mengalami sejumlah perubahan spesifikasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepeda motor Suzuki Satria FU150 kini hadir dalam versi lebih terjangkau dengan nama Satria FU150 S yang dibanderol Rp18,9 juta on the road Jakarta. Hal itu dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk mengimbangi Yamaha MX King 150 dan calon Honda Sonic 150 cc yang dibanderol pada kisaran tersebut.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman resmi Suzuki, Rabu (24/6/2015), setidaknya terdapat lima perbedaan antara sepeda motor Suzuki Satria FU150 S yang merupakan versi murah dengan Satria FU150 R yang merupakan versi standar.

Ban
Perbedaan pertama antara Satria FU150 versi murah dan versi standar terletak pada sektor ban. Pada versi standarnya, sepeda motor dengan desain “ayam jago” itu dibekali ban luar besutan IRC. Sedangkan pada versi murahnya dibekali ban merek Corsa yang notabene memiliki harga lebih murah dari ban IRC.

Rem Cakram
Masih di sektor yang tidak jauh dari ban, perbedaan juga teletak pada rem cakram. Suzuki membekali Satria FU150 R dan Satria FU150 Special Edition (SE) dengan cakram baru yang memiliki tampilan bergelombang. Selain itu kaliper rem juga dibalut warna emas.

Sementara itu pada Satria FU150 S, Suzuki masih menyematkan cakram tanpa gelombang yang sama seperti versi lawas. Kaliper rem juga hanya dibalut warna hitam yang mengurangi kesan sporty.

Selanjutnya …

Tuas Persneling
Bergeser sedikit ke belakang, perbedaan selanjutnya dapat dilihat pada tuas persneling. Versi standar memiliki tuas persneling yang dibalut warna krom. Sementara itu versi murahnya hanya dicat dengan warna hitam.

Blok Mesin
Salah satu perbedaan paling mencolok antara Satria FU150 S dengan Satria FU150 R maupun Satria FU150 SE adalah warna pada blok mesin. Versi murah dari sepeda motor terlaris Suzuki itu memiliki blok mesin yang dibalut warna hitam. Sedangkan dua varian yang memiliki kasta di atasnya memiliki blok mesin berkelir warna emas.

Bodi dan Undercowl
Perbedaan pada sektor bodi adalah hal paling mencolok. Pada versi standarnya Satria FU150 memiliki bodi yang utuh dan lengkap seperti edisi sebelumnya. Sedangkan versi murahnya memiliki bodi yang disunat pada bagian shroud hingga menampakkan bagian atas mesin. Selain itu undercowl yang menutup bagian bawah mesin juga dihilangkan.

Kendati memiliki sejumlah perbedaan, dapat dipastikan tidak ada penurunan kualitas dari segi mesin. Seluruh varian sepeda motor Suzuki Satria FU150 dibekali mesin DOHC 150 cc dan telah lolos uji emisi berstandar Euro3 meski masih menggunakan karburator. Fitur alarm kini juga dihilangkan dan diganti dengan lubang kunci berpengaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya