SOLOPOS.COM - Gary Rothwell melakukan wheelie menggunakan Suzuki Hayabusha. (Youtube.com)

Sepeda motor Suzuki Hayabusha ukir rekor wheelie terkencang di dunia.

Solopos.com, LONDON – Sepeda motor Suzuki Hayabusha baru saja memecahkan rekor wheelie terkencang di dunia. Atraksi mengangkat roda depan saat motor berjalan itu berhasil dilakukan dengan kecepatan 337,8 km/jam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Motorcycle, Kamis (14/10/2015), sepeda motor Suzuki Hayabusha itu ditunggangi oleh freestyler asal Inggris, Gary Rothwell. Pencatatan rekor dunia dilakukan dalam acara Straighliners di Yorkshire.

Pencatat rekor dunia di Inggris, UK Timing Association, mengatakan Rothwell dengan Suzuki Hayabusha melakukan dua kali atraksi wheelie ektrem dengan kecepatan rata-rata 209,8 mph atau sekitar 337,8 km/jam.

Rekor wheelie terbaru itu 16 km/jam lebih cepat ketimbang rekor tahun lalu yang juga ditorehkan oleh Rothwell bersama motor gede (moge) asal Jepang itu.

Gary Rothwell. (Garyrothwell.com)

Gary Rothwell. (Garyrothwell.com)

Dalam jumpa pers, Rothwell mengatakan sebenarnya mampu melaju di atas 338 km/jam. Tetapi pria penggemar Liverpool FC itu mengaku terpaan angin yang terlalu kencang membuatnya menurunkan kecepatan.

“Saya tergesa-gesa menyudahinya karena terpaan angin dari samping terlalu kencang. Rasanya menegangkan saat roda depan yang terangkat saat kecepatan 337,8 km/jam perlahan bergeser ke samping,” ungkap Rothwell.

Sejatinya, mesin DOHC 1.340 cc sepeda motor Suzuki Hayabusha hanya mampu dipacu hingga 222 km/jam. Tetapi pria yang mengawali karirnya di usia 13 tahun pada 1984 silam itu menanami motor itu dengan perangkat turbocharger.

Video atraksi wheelie tercepat di dunia oleh Gary Rothwell dan Suzuki Hayabusha dapat disaksikan dengan mengunjungi link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=UHafhh4okkU&feature=youtu.be

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya