SOLOPOS.COM - Skutik Gesits. (Dapurpacu.com)

Sepeda motor nasional Gesits mendapat tanggapan dari AISI.

Solopos.com, JAKARTA – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengutarakan pendapatnya terkait proyek sepeda motor nasional yang digagas PT Garansindo dan ITS Surabaya, Gesits.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan sebaiknya skuter matik (skutik) bertenaga listrik itu tidak buru-buru diproduksi massal. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum Gesits sampai ke tangan konsumen dan beredar di jalan raya.

“Selain kesiapan infrastruktur, keselamatan konsumen juga harus diperhatikan, itu hal pokok. Terus dampak lingkungannya seperti apa. Jadi persiapan harus matang, bukan buru-buru keluarin produk. Kan bisnis itu jangka panjang, bukan cuma nyari siapa duluan,” ungkap Sigit seperti dilansir laman Detik, Rabu (11/5/2016).

Meski begitu Sigit menilai ide dasar proyek Gesits sudah baik. Indonesia memerlukan motor bertenaga listrik sesegera mungkin untuk menekan angka polusi yang mulai tinggi di kota-kota besar. Tetapi jika melihat kondisi industri otomotif saat ini, produksi motor ramah lingkungan itu kemungkinan baru siap pada 2018-2019.

“Kalau lihat industrinya di kawasan ASEAN 2018-2019 lah. Tapi kembali lagi kesiapan infrastrukturnya bagaimana. Kalau infrastrukturnya belum ada, konsumen mau beli enggak,” imbuh Sigit.

Sementara CEO Garansindo, Muhammad Al Abdullah menjelaskan kehadiran Gesits dan kendaraan listrik lainnya tidak perlu ditunda lagi. Menurutnya konsumen di Tanah Air sudah sangat siap.

“Teknologi kendaraan listrik sudah maju sangat pesat di dunia, saat ini sudah tidak bisa dibendung. Mayoritas masyarakat Indonesia juga sudah tidak bisa dibodohi lagi karena perkembangan zaman dan informasi global terbuka secara luas dan gamblang,” tutur Abdullah sebagaimana dikutip dari laman Liputan6.

Sebelumnya Abdullah dan Menteri Ristek Dikti Muhammad Nasir mengatakan sepeda motor nasional Gesits akan diproduksi massal mulai 2017. Diharapkan skutik itu bisa sampai ke konsumen pada tahun berikutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya