SOLOPOS.COM - Sepeda motor listrik Niu N1 Smart E-Scooter. (Quartz.com)

Sepeda motor listrik Niu N1 Smart E-Scooter diciptakan oleh mantan petinggi Huawei.

Solopos.com, BEIJING –  Mantan petinggi produsen ponsel Huawei Tiongkok, berhasil menciptakan sepeda motor listrik “kerbau”. Skuter matik (matik) itu diciptakan sebagai bentuk usaha mengurangi tingkat polusi di Tiongkok yang memprihatinkan.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Li Yinan, mantan petinggi Huawei mendirikan perusahaan otomotif bernama Niu yang berarti kerbau. Dengan menggabungkan skuter matik (skutik) Vespa dan teknologi baterai mobil listrik Tesla, Li berhasil menciptakan Niu N1 Smart E-Scooter.

Seperti dilansir laman Quartz, Senin (1/6/2015), Li menciptakan Niu N1 dengan membongkar mesin Vespa dan menggantinya dengan motor listrik merek Bosch yang didatangkan langsung dari Jerman.

Sebagai sumber daya, selanjutnya Niu N1 dipasangi baterai Ion Lithium berbobot 10 kg. Jika baterai terisi penuh, skutik listrik itu dapat diajak melaju sejauh 100 km tanpa berhenti. Sedangkan pengisian dayanya termasuk mudah karena dapat dilakukan menggunakan listrik rumahan.

Mengenai nama Niu alias kerbau, Li bercerita hal itu terinspirasi dari sejarah manusia yang kerap menggunakan kerbau untuk meringankan pekerjaan.

“Nenek moyang dulu bekerja dengan menaiki punggung Niu [kerbau]. Sekarang kami ingin orang kembali menaiki Niu namun dengan cara yang lebih keren,” ungkap Li Yinan.

Setelah mendapat perhatian dari Pemerintah Tiongkok, Niu N1 ciptaan Li mendapat bantuan biaya produksi dan sudah tidak menggunakan Vespa dengan alasan untuk memangkas harga jual.

Pria yang juga pernah bekerja di perusahaan situs pencarian Internet Baidu itu juga memberi sentuhan futuristik berupa panel meter digital. Skutik listrik itu juga telah dibekali perangkat Global Positioning Unit (GPS).

Laman Bloomberg menyebutkan varian termurah dari sepeda motor listrik Niu N1 Smart E-Scooter asal Tiongkok itu dijual seharga 3.999 yuan atau setara Rp8,64 juta. Sedangkan varian termahalnya dibanderol 4.999 yuan atau sekira Rp10,8 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya