SOLOPOS.COM - Sepeda motor tempur Matchless. (Dailymail.com)

Sepeda motor klasik Matchless dilelang dengan harga fantastis.

Solopos.com, LONDON – Sepeda motor klasik lansiran 1914 besutan Matchless dilelang dengan harga yang fantastis. Uniknya, sepeda motor tempur berusia 100 tahun itu dibekali senapan mesin yang masih aktif sebagai kelengkapannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir laman Dailymail, Sabtu (20/6/2015), sepeda motor klasik roda tiga yang sedianya akan digunakan oleh tentara Rusia dalam Perang Dunia I itu dilelang seharga 30.000 euro atau sekira Rp633 jutaan dalam acara lelang tahunan di Bonhams, London, Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

Edward Foster, pemilik sepeda motor klasik berwarna hijau itu menceritakan bahwa Matchless merupakan kendaraan termpur paling mutakhir dan dianggap sebagai momok pada masa perang.

Akan tetapi sepeda motor yang diproduksi di Inggris sebanyak 250 unit itu tidak pernah terjun di medan perang. Hal itu dikarenakan Rusia membatalkan pesanannya saat motor tempur itu akan dikirim.

Setelah Perang Dunia I berakhir pada 1918, seluruh sepeda motor tempur itu kemudian dilelang kepada warga sipil dengan harga 64 euro atau sekira Rp1,3 jutaan. Tentu angka tersebut sudah sangat mahal pada zaman itu.

Meski jarang dikendarai, Foster menjamin mesin motor antik itu dapat dinyalakan serta memiliki kondisi yang prima karena selalu dirawat dengan baik. Sedangkan senapan mesin jenis Vickers yang tersemat di kursi penumpang masih bisa digunakan namun dapat dibongkar pasang.

Ketua panitia dalam acara lelang itu menuturkan bahwa sepeda motor klasik Matchless hanya tersisa sebanyak tiga unit di dunia dan salah satunya adalah yang dilelang oleh Foster. Sedangkan dua sisanya berada di museum nasional Inggris.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya