SOLOPOS.COM - Kawasaki J125. (Autoevolution.com)

Sepeda motor Kawasaki J125 jadi rival Yamaha Nmax di benua Eropa.

Solopos.com, MILAN –  Selain di segmen sport, Kawasaki kini juga serius di segmen skuter matik (skutik) bongsor. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya sepeda motor Kawasaki J125 di Milan, Italia. Kawasaki meraciknya bersama pabrikan otomotif asal Taiwan, Kymco.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Tetapi menurut laman Autoevolution, Kamis (19/11/2015), istilah “meracik bersama” dianggap kurang tepat. Sebab sepeda motor Kawasaki J125 sepenuhnya adalah skutik besutan Kymco. Sedangkan Kawasaki hanya mengerjakan urusan desain luarnya.

Dilihat dari bentuknya, jelas skutik Kawasaki J125 ingin menantang Yamaha Nmax dan Honda PCX. Melihat tampilan luarnya, aura sporty khas Kawasaki terasa kental. Lihat saja sepasang lampu depannya yang besar, desainnya sangat mirip dengan lampu pada Kawasaki Ninja.

Meski tidak dijelaskan secara detail panjang dan lebarnya, sepertinya J125 memiliki dimensi yang lebih besar dari dua rivalnya. Hal yang paling mengejutkan adalah bobotnya yang mencapai 180 kg. Padahal Nmax dan PCX yang memiliki kapasitas mesin lebih besar saja bobotnya tidak sampai 130 kg.

Kendati demikian, pengendalian skutik Kawasaki J125 sepertinya tetap mudah. Sebab skutik berkelir hitam-hijau itu memiliki setang yang mudah diraih dan jarak jok ke aspal yang sangat rendah. Perpaduan ukuran bannya pun unik, yakni 14 inci di roda depan dan 13 inci di roda belakang.

Tak ketinggalan, Kawasaki juga membenamkan fitur-fitur ala motor sport pada J125, yakni rem anti-lock braking system (ABS) di kedua roda dan sepasang suspensi belakang yang dapat disetel (adjustable) ketinggian dan tingkat keempukannya.

Beralih ke sektor dapur pacu, dari namanya sudah bisa ditebak mesin yang diusung skutik bongsor Kawasaki itu berkapasitas 125 cc. Pabrikan berjuluk Geng Hijau itu mengklaim mesin tipe SOHC itu mampu menyemburkan tenaga 13,8 hp dengan torsi puncak 11 Nm.

Saat ini sepeda motor Kawasaki J125 dapat tengah dipamerkan di pameran otomotif EICMA 2015 di Milan, Italia. Selain J125, Kawasaki juga merilis dua skutik lain dengan kapasitas mesin lebih besar, yaitu J300 dan Downtown 300. Dua skutik 300 cc itu sejatinya juga produk besutan Kymco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya