SOLOPOS.COM - Sebanyak 150 sepeda motor kepala desa (kades) di Kabupaten Sukoharjo hasil pengadaan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2013 diparkir di halaman Setda Sukoharjo, Jumat (21/2/2014). Mulai hari itu, Pemkab membagikan sepeda motor kepada 150 kades di Kota Makmur.(JIBI/Solopos/Kurniawan)

Suasana halaman Kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Sukoharjo berbeda dari hari biasanya, Jumat (21/2/2014).Sebanyak 150 sepeda motor baru hasil pengadaan akhir tahun 2013 diparkir di halaman Setda sejak pagi. Sepeda motor yang terdiri 144 unit Suzuki Shooter 115 Fi dan enam unit Suzuki Nex itu merupakan kendaraan operasional yang diperuntukkan 150 kades di Kota Makmur.

Mulai hari itu, Pemkab Sukoharjo membagikan kendaraan tersebut kepada para kades. Secara bergelombang, kades dari 11 kecamatan di Kota Makmur berdatangan untuk mengambil jatah kendaraan mereka. Seperti yang dilakukan Kades Kudu, Baki, Sinung Dwi Saputra.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah menandatangani berita acara penyerahan kendaraan, Sinung langsung dapat melenggang dengan sepeda motor barunya. Sinung mendapatkan perlengkapan kendaraan berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atas nama Pemkab Sukoharjo, jaket dan helm.

“Setelah menandatangani berita acara, kendaraan ini langsung bisa saya bawa pulang. Kendaraan ini dilengkapi dengan STNK, helm dan jaket. Dengan kendaraan ini, kami siap bekerja lebih baik dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Terima kasih untuk Pemkab,” ujarnya.

Penuturan senada disampaikan Kades Lengking, Bulu, Mulyanto, saat ditemui solopos.com di sela proses pengambilan kendaraan. Menurut dia pengadaan sepeda motor baru bagi kades di Sukoharjo cukup strategis. Maksudnya, kendaraan operasional baru akan menunjang kinerja para kades.

Utamanya saat harus hilir mudik dari desa ke pemerintah kecamatan atau kabupaten. Selain itu, kendaraan operasional baru dapat membantu mobilitas kades dalam menjelajah wilayah masing-masing. Seperti saat harus berkunjung ke wilayah dusun atau dukuh.

Sedangkan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sukoharjo, Widodo, saat ditemui solopos.com mengatakan 150 sepeda motor baru menelan dana sekitar Rp2,3 miliar. Sebanyak 144 sepeda motor bebek Suzuki Shooter Fi diperuntukkan kades berjenis kelamin laki-laki, sedangkan enam Suzuki Nex untuk kades perempuan.

Widodo menerangkan status 150 sepeda motor tersebut adalah milik Pemkab Sukoharjo. Kades hanya diberi hak untuk menggunakan kendaraan tersebut guna menunjang pelaksanaan tugas. “Kendaraan ini kami pinjam pakaikan kepada desa. Pemerintah desa berkewajiban merawat sepeda motor dengan baik, jangan disalahgunakan,” tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya