SOLOPOS.COM - Aksesori Gold Premium Vario 150 ESP (metrotv)

Sepeda motor Honda Vario 150 mengeluarkan performa apik ketika dikendarai di jalanan perkotaan namun terdapat kekurangan pada segi fitur.

Solopos.com, JAKARTA – Jualan Astra Honda Motor (AHM) beberapa tahun terakhir ini memang bergantung pada lini skuter matik. Salah satu produk terbarunya adalah sepeda motor Honda Vario 150 yang memiliki performa galak meski dikendarai di jalanan perkotaan.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Dikutip Solopos.com dari Liputan6, Senin (16/2/2015), berikut ini hasil test ride sepeda motor Honda Vario 150:

Performa Honda Vario 150
Dengan banderol Rp20 jutaan, tentunya konsumen mengharapkan performa yang lebih daripada sepeda motor Honda Vario versi sebelumnya. Dengan mengesampingkan cara berkendara Ecoriding, Vario 150 mampu diajak ngebut hingga kecepatan maksimal 97 km/jam pada jalanan lengang.

Di jalan tikungan, Honda Vario 150 juga tak mengalami limbung. Handling pun terasa mantap ketika diajak meliak-liuk. Pada kecepatan tinggi, kendaraan pun tak mengalami getaran. Sedangkan suspensi depan dan belakang terasa mantap meredam setiap getaran saat melibas jalanan bergelombang.

Dengan kecepatan akselerasi yang mumpuni, yakni nol hingga 200 meter dalam waktu 11.94 detik, Honda juga menyematkan sistem pengereman yang serasi. Fitur combi brake membuat jarak pengereman lebih singkat. Namun dalam kondisi hujan, pengereman akan terasa tersendat-sendat.

Dengan cara berkendara dalam kecepatan tak stabil layaknya pada kondisi jalanan macet dengan karakter stop and go, sepeda motor Honda Vario 150 mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 37 km/liter. Angka keiritan itu tentunya muncul berkat sistem injeksi terbaru PGM-FI serta fitur idling stop yang memungkinkan kendaraan mati setelah tiga detik terdiam.

Tampilan Honda Vario 150
Tak hanya dibekali performa yang mumpuni, sepeda motor Honda Vario 150 juga memiliki desain bodi khas keluarga Vario. Nuansa garis tegas dengan aksen lancip membuat skutik itu tampak masukulin.

Pada varian Exclussive Black Matte, kesan elegan dan mewah terasa kental sangat kental. Itu tertuang melalui tampilan polos dan hanya terdapat emblem “Vario” berbentuk timbul tanpa adanya livery pada bodi.

Dibandingkan dengan sepeda motor Honda Vario versi sebelumnya, busa jok kali ini terasa lebih tebal dan tekstur kulit jok berpori sehingga tak membuat pantat panas ketika berkendara jarak jauh.

Bentuk dek pada sepeda motor Honda Vario 150 itu juga tampak sedikit miring ke depan. Bukan tanpa tujuan, kemiringan itu dapat membantu keseimbangan pengendara saat mengerem supaya tidak melorot karena distribusi bobot yang sebagian telah terdistribusi ke bagian depan.

Namun dari bentuk dek seperti itu, jarak antara dek dengan bagian depak menjadi semakin sempit. Pengendara dengan kaki panjang akan terasa mentok. Selain itu, luas alas dek juga berkurang, tentunya hal itu akan mengurangi kenyamanan ketika kaki membawa barang bawaan.

Pada sisi bagasi, sepeda motor Honda Vario 150 juga hadir dengan embel-embel helm in. Memang benar bagasi skutik teranyar Honda itu mampu memuat sebuah helm. Namun perlu dicatat, hanya helm jenis half face yang mampu masuk ke dalam bagasi itu. Setelah memuat helm, bagasi akan penuh bahkan tak ada tempat tersisa untuk ruang jas hujan.

Meski demikian, Honda rupanya menyematkan fitur yang dapat memanjakan para pengguna sepeda motor Honda Vario 150. Fitur answer back memungkinkan Vario 150 mengeluarkan bunyi ketika tombol pada kunci motor ditekan. Fitur yang sangat berguna ketika berada di area parkir yang padat itu dapat diaktifkan dengan jarak maksimal 20 meter.

Spesifikasi Honda Vario 150
Mesin: 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan
Kapasitas mesin: 150cc
Sistem pembaaran: Injeksi elektronik
Output: 9,3 kW pada 8.500 rpm
Torsi: 12,8 Nm pada 5.000 rpm
Transmisi: Otomatis CVT
Suspensi depan: teleskopik
Suspensi belakang: Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Rem depan: Cakram 200mm
Rem belakang: Teromol 140mm
Ban depan: Tubeles 80/90 – 14 M/C 40P
Ban belakang: Tubeles 90/90 – 14 M/C 46P
Tangki : 5,5 liter
Jarak sumbu roda: 1.280 mm

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya