SOLOPOS.COM - Honda New CBR150R (Twitter.com)

Sepeda motor Honda New CBR150R lebih ringan dari New CB150R.

Solopos.com, SOLO – Sepeda motor Honda New CBR150R resmi diluncurkan Marc Marquez beberapa waktu lalu. Meski dibekali fairing, bodi lebih bongsor, dan swing arm lebih panjang, ternyata bobotnya malah lebih enteng dari New CB150R, kok bisa?

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selisihnya memang tidak banyak, hanya satu kilogram. Sepeda motor Honda New CBR150R bobotnya 135 kg, sedangkan New CB150R 136 kg. Tetapi dalam dunia otomotif roda dua, selisih bobot beberapa gram saja dapat mempengaruhi kecepatan si kuda besi.

Menurut pengamat otomotif Taufik Hidayat, pengaruh paling besar terdapat pada sektor sasis. Sasis utama New CBR150R dan New CB150R memang sama persis. Tetapi terdapat perbedaan signifikan pada sasis belakang (sub frame).

Sub frame Honda CBR150R terbaru dibuat lebih ramping dan lebih sedikit penggunaan bracket. Bahkan rear grip logam tidak lagi digunakan,” ungkap Taufik dalam blog miliknya, Sabtu (20/2/2015).

Penyebab lain New CBR150R lebih ringan adalah karena motor sport 150 cc itu tidak dibekali perangkat kick starter. Artinya mulai dari tuas kick starter, poros putar, hingga gir-gir di dalamnya dihilangkan.

Alasan terakhir sepeda motor Honda CBR150R terbaru lebih ringan adalah karena penantang Yamaha R15 itu hanya dibekali standar samping. Sedangkan New CB150R dibekali standar samping dan standar tengah.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya