Sepeda Motor Adventure Diramaikan Morini X-Cape 650

Morini X-Cape 650, motor bergenre adventure asal Italia blasteran Tiongkok siap ramaikan varian motor para petualang di Asia dan Eropa.

 Moto Morini X-Cape 650 (motostation)

SOLOPOS.COM - Moto Morini X-Cape 650 (motostation)

Solopos.com, JAKARTA — Morini X-Cape 650, motor bergenre adventure asal Italia blasteran Tiongkok siap ramaikan varian motor para petualang di Asia dan Eropa.

MEngutip Liputan6.com, Kamis (17/6/2021), Morini X-Cape 650 sebenarnya sudah nongol pada ajang EICMA 2019, namun masih berstatus konsep. Dan pabrikan berjanji merilisnya pada pertengah 2020, tetapi tidak terlaksana lantaran pandemi Covid-19.

Setelah sempat mundur, akhirnya Morini X-Cape 650 memperkenalkan debutnya di Beijing Motor Show 2021. Ini suatu pertanda bahwa dalam waktu dekat unit ini akan masuk pasar Asia. Bahkan X-Cape 650 sudah tampil di situs web Moto Morini. Di situ dikatakan “Tersedia dalam beberapa bulan mendatang”.

Baca Juga : Suzuki GSX-S1000 Web Edition Hanya 5 di Dunia

Untungnya, Moto Morini tetap setia pada konsep desain aslinya. Tidak ada ubahan signifikan saat tampil di pameran otomotif Tiongkok. Masih terlihat identik meski kabarnya teknologi mesin berbagi dengan perusahaan Tiongkok.

Walau demikian, perancangan dan pengembangan motor tersebut dilakukan di markas pabrikan yakni di Bologna, Italia. Dari perspektif gaya, motor adventure ini memiliki kemiripan yang kuat dengan Honda Africa Twin generasi pertama.

Terlihat dari tangki bahan bakar yang menjulang tinggi dan jok lebih rendah. Seperti bakal membuat pengendaranya sulit untuk bergerak. Tetapi model kursi seperti itu menjanjikan stabilitas mumpuni. Lampu depan ganda menyatu dengan fairing. Belakangnya mengadopsi model lancip, dengan tambahan behel untuk mengakomodir penggunaan boks.

Mirip KTM 790

Sasis pakai model teralis, subframe tertutup rapi dengan bodi dengan ukuran dimensi 2.190 x 905 x 1.390 mm (PxLxT). Wheelbase 1.470 mm, ketinggian kursi 820 mm, ground clearance 175 mm. Berat keringnya 213 kg dan makin berat kala diisi bahan bakar sebanyak 18 liter.

Sayangnya knalpot dirancang sangat rendah, sedikit rentan kala dipakai bertualang. Ukuran badannya itu mirip dengan KTM 790 Adventure. Menengok spesifikasinya, X-Cape 650 menggendong mesin berkapasitas 649 cc DOHC paralel-twin berpendingin cairan, dan sudah berstandar Euro 5. Ukuran Bore x stroke: 83 x 60 mm dan kompresi 11.3:1.

Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 60 HP pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 56 Nm pada 7.000 rpm. Untuk menunjang penggunaan di medan tak rata, perangkat suspensi depan pakai model upside berdiamter 50 mm dan belakang monochock.

Baca Juga : Ini Nih Warna-Warna Baru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022

Roda depan berukuran 19 inci dibalut ban tubeless 110/80 dan roda belakang 17 inci dengan ban 150/70. Moto Morini member rem  double disc 298 mm dan 255 mm single disc 2 piston. Kedua penghenti laju disematkan peranti ABS dual channel dari Bosch tipe ABS 9.1 Mb.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor dengan Sistem Rem ABS

Lima hal yang harus diperhatikan dalam merawat rem dengan sistem ABS.

Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Pikap legendaris keluaran Suzuki jenis ST20 berjuluk Trungtung masih ramai mewarnai pasar mobil bekas online dan ditawarkan hingga harga Rp26 juta.

Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pilihan cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Penawaran jasa pembuatan SIM nongol di beberapa marketplace, hal ini menuai kritik dari warganet.

Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Dengan kalimat sindiran pembalap kelas dunia sulit dapat SIM A dan C di Indonesia, warganet bikin surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Pengumuman! Mobil LCGC akan Kena PPnBM Mulai Bulan Depan

Pemerintah akan mulai mengenakan PPnBM pada mobil mura atau LCGC mulai 16 Oktober 2021.

Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Tak semuanya bisa lebih cepat lebih baik, terbukti aksi pengemudi Toyota Avanza di Jakarta mendahului berlakunya aturan pelat nomor justru kena teguran polisi.

Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Bermodal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mimpi menjadi produsen baterai listrik terbesar diyakini Presiden Jokowi bakal terwujud tiga hingga lima tahun ke depan

Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Beroperasi, Paling Lambat Mei 2022

Produksi mobil listrik bakal dimulai di Indonesia maksimal Mei tahun depan.

Daftar Harga Yamaha Vega Seperti Koleksi Presiden Jokowi di Kota Solo

Daftar harga lengkap Yamaha Vega 2001 seperti koleksi Presiden Joko Widodo, di Kota Solo.

Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Konsep pada sistem operasi taksi terbang yang diperkenalkan EHang tetap membutuhkan rute, lokasi lepas landas, pendaratan dan lokasi operator.

Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Presiden Jokowi ternyata masih mengoleksi satu motor jenis Yamaha Vega tahun 2001.

Heboh Taksi Terbang, Ini Rekam Jejak EHang dari China

Heboh taksi terbang dari perusahaan teknologi China yang bakal menjalani uji coba terbang di Bali, Oktober mendatang.