SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Walau sepeda pabrikan memiliki desain bagus tapi sebagian kalangan pencinta gowes memilih mendesain sepeda seperti yang mereka inginkan. Caranya dengan melakukan perbaikan atau modifikasi sepeda agar tampil lebih keren.

Beberapa toko sepeda umumnya melayani modifikasi sepeda dari mulai mengganti onderdil hingga memodifikasi tampilan dan bentuknya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Sepeda termasuk moda transportasi yang bisa dimodif. Tapi untuk modifikasi sepeda harganya mahal, tergantung komponen. Ada yang hanya memodif stang sepeda harganya berkisar mulai ratusan ribu,” terang Supervisor Rukun Makmur, Heriyanto kepada Espos, Minggu (29/4).

Modifikasi sepeda juga banyak dilakukan di beberapa tempat modifikasi khusus maupun di pasar sepeda. Di pasar sepeda Proliman, Banjarsari, Solo misalnya banyak orang yang memodif sepeda dengan mengganti sebagian besar kompenen seperti frame atau rangka sepeda, jok, ban hingga stang dan roda.

Salah satu pegawai kios sepeda di Pasar Proliman Solo, Dwi Susanto, mengatakan umumnya orang melakukan modifikasi sepeda dengan mengganti komponen bawaan dari pabrik dengan komponen buatan luar negeri.

“Onderdil sepeda yang bagus salah satunya merek Shimano. Kadang ada sepeda yang bawaannya sudah menggunakan Shimano tapi karena rangkanya biasa lalu diganti dengan rangka sepeda branded,” terangnya.

Bagi pencinta sepeda yang ingin memodifikasi atau mengganti onderdil tunggangannya Dwi menyarankan sebaiknya berhati-hati dalam memilih suku cadang sepeda di pasaran karena banyak kompenen yang dipalsukan. Seperti sadel atau jok yang bagus tidak mudah kempis, sementara rangka atau frame yang asli biasanya tidak mudah keropos.

“Memodifikasi sepeda butuh biaya tidak sedikit rangka atau frame-nya saja harganya bisa mencapai Rp3-4 juta untuk sepeda MTB. Walau mahal tapi nanti dapat kepuasan tersendiri,” katanya.

Selain memodifikasi sepeda, menggowes akan semakin lengkap jika didukung dengan asesori sepeda seperti baju, helm, kaca mata, keranjang, tas hingga tempat minum dan kunci. Untuk mencari aksesori sepeda tidak sulit lantaran hampir sebagian toko sepeda di Solo menyediakan bermacam aksesori.

Helm sepeda misalnya dijual dengan harga termurah Rp125.000 hingga satu juta rupiah lebih. Tempat minum dan rangkanya dijual mulai harga Rp25 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya