SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BATANG — Sekitar 66% dari 45 orang calon anggota legislatif (caleg) terpilih pada Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Batang, Jawa Tengah adalah wajah lama alias incumbent atau petahana.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang Nur Tofan mengatakan bahwa pada penetapan hasil perolehan suara masing-masing partai politik (parpol) dan calon terpilih hasil Pemilu 2019, sebanyak 32 orang dari 45 orang adalah wajah lama atau petahana. “Kendati demikian, hampir dipastikan jumlah caleg terpilih non-petahana yang semula sebanyak 13 orang akan bertambah menjadi 14 orang karena satu caleg terpilih meninggal dunia,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Selasa (23/7/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan pelaksanaan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2019 bisa berjalan lancar dan tidak ada gugatan dari pihak caleg ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kami bersyukur, pelaksanaan pemilu legislatif berlangsung aman dan lancar. Berdasarkan surat MK pada buku register perkara konstitusi tidak ada gugatan dari caleg asal Kabupaten Batang sehingga penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih berlangsung lancar,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia meminta kepada caleg terpilih sebelum dilantik menjadi anggota DPRD agar menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada KPU sebagai prasyarat untuk diusulkan pengesahan dari Gubernur Jateng melalui bupati Batang. “Adapun, untuk pelantikan calon anggota DPRD terpilih kami jadwalkan pada 14 Agustus 2019,” katanya.

Pada rapat pleno yang dilaksanakan Senin (22/7/2019) malam menyebutkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggeser posisi PDIP sebanyak 10 kursi, PDI Perjuangan (8), Partai Golkar (8), PPP (5), Gerindra (5), Partai Hanura (2), Partai Demokrat (2), PAN (2), Partai NasDem (2), dan PKS (1).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya