SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro tak menampik adanya kemungkinan dukungan internasional terhadap aksi separatisme di Papua. Hingga kini, aksi separatisme masih terus terjadi di daerah itu.

“Ada kemungkinan, tapi belum sampai pada kesimpulan itu,” kata Purnomo usai menjenguk anggota TNI yang terluka akibat penembakan di Papua di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (4/8).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Purnomo juga menilai konferensi International Lawyer for West Papua (ILWP) di London, Inggris, bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. “Kumpulan pengacara itu tidak begitu kuat, karena hanya dilakukan segelintir orang, di Papua mereka juga tidak mendapat antusiasme dari masyarakat,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Purnomo mengatakan, untuk mengatasi separatisme di Papua, pemerintah akan mengadakan koordinasi dengan pemerintah daerah. Hal ini disebabkan pemerintah daerah yang lebih mengetahui akar masalah di daerah tersebut.

“Kita harus mendapatkan informasi dari pasukan kita di lapangan dan harus membedakan apa ini kriminal atau sudah melangkah ke gerakan yang lebih serius,” katanya.

Purnomo mengatakan, akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatasi tindak separatisme ini. “Tentunya dengan adanya kejadian ini jelas kita tidak akan mentolelir gerakan separatisme,” katanya.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya