Timnas Thailand (AFF Suzuki Cup)

Solopos.com, BANGKOK -- Timnas Indonesia tertinggal di babak pertama melawan Thailand dalam laga lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam. Indonesia sebenarnya unggul lebih dulu melalui sepakan Zulfiandi sebelum dibalas 2 gol Thailand.

Pada menit 8, berawal dari tusukan Andik Vermansyah, Zulfiandi melepaskan umpan silang di depan mulut gawang Thailand. Sempat terjadi kemelut, bola kembali ke kaki Riko Simanjuntak yang melepaskan tembakan meski bisa diblok kiper Thailand. Belum usai, bola muntah disambar oleh Zulfiandi namun tendangannya masih menyasar di atas mistar gawang.

Skema serangan Indonesia juga tak hanya bertumpu pada sayap. Di menit 12, Evan Dimas membuat variasi serangan dengan mengirim umpan terobosan panjang ke jantung pertahanan Thailand. Sayang, posisi Beto yang berdiri bebas masih terlalu jauh dari bola.

Menit 15, Riko kembali membuat kejutan. Aliran bola dari Putu Gede di sayap kanan diakhiri dengan umpan silang pendek ke tengah. Riko yang muncul dari sayap kiri menyambut bola dengan tendangan akurat ke gawang meski bola masih bisa ditangkap kiper Thailand, S Tedsungnoen.

Menit 26, giliran Lilipaly mengancam gawang Thailand. Mendapatkan umpan terobosan dari Andik, Lilipaly melepaskan tendangan ke arah gawang namun bisa ditepis oleh Tedsungnoen.

Zulfiandi akhirnya memecah kebuntuan pada menit 29. Berawal dari sepak pojok di sisi kanan pertahanan Thailand, Zulfiandi yang menerima bola melepaskan tembakan keras ke pojok kanan atas gawang dan gol. Indonesia unggul 1-0.

Thailand yang tertinggal berupaya membalas menekan. Namun upaya mereka masih terbentur rapatnya pertahanan Indonesia. Namun di menit 36, tembakan keras tepat sasaran dari pemain Thailand memaksa Awan Setho berjibaku menepis bola. Sayangnya, kiper Bhayangkara FC itu tidak mampu mengantisipasi saat sepak pojok melengkung pemain Thailand disambar dengan sundulan kepala W Korrakot. Skor berubah jadi 1-1.

Menit 43, Andik Vermansyah harus ditarik keluar karena cedera dan digantikan Febri Haryadi. Winger Persib Bandung itu langsung mengancam dengan melepaskan bola ke arah gawang Thailand. Namun, tendangannya terlalu pelan.

Petaka bagi Indonesia menjelang turun minum. Menjelang jeda, pertahanan Indonesia justru kecolongan oleh gol Pansa Hemviboon di menit 45+3. Thailand pun berbalik unggul 2-1.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten