SOLOPOS.COM - Manahati Lestusen Inspirator Garuda Muda (Liputan6.com)

Sepak bola Indonesia yang dihukum FIFA membuat beberapa pemain Timnas U-23 pilih gabung tentara.           

Solopos.com, SINGAPURA — Setelah perhelatan sepak bola SEA Games 2015 berakhir, sejumlah pemain Timnas Indonesia U-23 telah memiliki rencananya masing-masing. Ada beberapa pemain sepak bola Indoensia yang memilih bergabung TNI Angkatan Darat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua pemain Garuda Muda, Manahati Lestusen dan Adam Alis, berencana mengikuti tes masuk di TNI AD dalam waktu dekat. Keputusan itu diambil lantaran mereka menilai sepak bola Indonesia saat ini belum jelas, apalagi kompetisi juga sedang vakum.

“Kalau saya fokus untuk bisa masuk tentara. Mungkin Agustus baru ada tes masuk ke sana,” ujar Mahanati Lestusen, sepert dilansir Detik, Selasa (16/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara bagi Adam, dia memilih masuk TNI karena jaminan masa depannya jelas. “Saya mau fokus buat masuk tentara. Karena ada jaminan masa depannya. Jadi kenapa tidak dicoba dulu,” kata Adam.

Sebelumnya, Adam sempat menyatakan ingin berkarier di luar negeri. Dia juga disebut-sebut akan menjalani latihan bersama salah satu klub Jepang.

Adam membenarkan dirinya akan melakoni uji coba ke Jepang. Namun pemain sepak bola Indonesia berusia 21 tahun tersebut masih menunggu kepastian jadwal.

“Soal uji coba, saya baru tahu dari manajer. Tapi belum pasti kapannya. Kalau ada kesempatan, harus dicoba,” ujar Adam.

Selain Manahati dan Adam, ada tiga penggawa Timnas Indonesia U-23 yang memilih jalur yang sama untuk masuk TNI, yakni Teguh Amiruddin, Abduh Lestaluhu, dan Wawan Febriyanto.

Dilansir Liputan6.com, Selasa, Adam Alis mulai melihat peluang lain di luar lapangan hijau. Adam berniat mencoba mengikuti seleksi anggota TNI Angkatan Darat.

Pemain sepak bola Indonesia U-23 itu mengaku mendapat masukan menjadi abdi negara dari seorang perwira menengah TNI AD. Adam tertarik mengikuti ujian masuk yang digelar setelah SEA Games 2015 di Singapura.“Nanti setelah SEA Games 2015, saya akan penuhi persyaratan, termasuk dokumen-dokumen,” ucap Adam.

Pekerjaan sebagai pemain sepak bola di Indonesia sejauh ini belum memberikan jaminan masa depan. Persoalan gaji sering menjadi masalah. Sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk  Indonesia pada Sabtu (30/5/2015) menambah keinginan Adam untuk menjadi tentara.

Menurut Adam, bukan hanya dia yang berniat menjadi Anggota TNI AD. Rekan-rekannya sesama pemain Timnas Indonesia U-23 juga ingin melakukannya. ”Ada beberapa rekan di Timnas Indonesia U-23 yang tertarik menjadi tentara,” ujar mantan pemain Martapura FC itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya