SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sepak bola Indonesia akan diwarnai dengan bergulirnya Liga Pelajar U-14.

Solopos.com, JAKARTA – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar Liga Pelajar Indonesia U-14 pada 14 November 2015. Ajang ini bakal diikuti 24 tim dan memperebutkan Piala Menpora.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kejuaraan nasional ini sebelumnya akan diawali pada tingkat wilayah di 24 provinsi dari Aceh sampai Papua. Di seri provinsi rata-rata diikuti oleh 16 tim sehingga secara nasional melibatkan 326 SSB (Sekolah Sepakbola).

Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga, Prof Faisal Abdullah, mengatakan event ini hanya diikuti oleh 24 provinsi, sebab ada beberapa wilayah yang tidak memenuhi syarat. Dia menambahkan kejuaraan ini juga sebagai salah satu pembinaan usia muda.

”Ada beberapa provinsi yang tidak diikutsertakan karena ada beberapa persyaratan yang tidak memenuhi,” ujar Faisal seperti dilansir Detik.com, Jumat (13/11/2015).

Nantinya 24 provinsi ini dibagi menjadi enam grup, masing-masing diisi oleh empat tim. Tiap juara grup dan runner-up dari masing-masing yang berhak melaju ke babak delapan besar. Faisal mengatakan nantinya, sang juara dari kejuaraan ini bakal mengikuti seleksi U-15 pelajar Asia, yang bakal mengikuti sejumlah ajang tingkat Asia.

Event ini tidak memperebutkan uang, tapi piala. Karena kami tidak mau anak-anak mengenal uang dari kecil. Tapi ingin membina mereka nantinya,” kata dia.

Berikut Pembagian Grup Timnas Pelajar U-14:

Grup A: Aceh, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Papua

Grup B: Sumatera Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur

Grup C: Riau, Banten, Sulawesi Tenggara, Lampung

Grup D: Jambi, Bali, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat

Grup E: Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Bengkulu

Grup F: Sumatera Utara, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya