SOLOPOS.COM - Adam Alis Setyano (Liputan6.com)

Sepak bola Indonesia yang dihukum FIFA membuat Adam Alis ingin melanjutkan kariernya di luar negeri.

Solopos.com, SINGAPURA — Pemain sepak bola Indonesia U-23, Adam Alis, mengungkapkan hasrat berkarier di luar negeri. Kondisi kompetisi lokal yang tidak jelas membuat Adam serius ingin bermain di luar negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik, Senin (15/6/2015), Adam Alis saat ini tidak memiliki klub setelah kontraknya di Persija telah diputus Mei lalu. Dengan kondisi kompetisi sepak bola Indonesia yang tidak jelas, membuat pemain berusia 21 tahun itu memikirkan berbagai opsi untuk melanjutkan kariernya, termasuk bermain di luar negeri.

Untuk membuka pintu kesempatan tersebut, Adam juga berencana menjalankan latihan bersama salah satu klub di luar negeri. Namun dia enggan membocorkan nama klubnya, lantaran masih dalam pembicaraan.

“Inginnya bisa bermain di luar negeri. Kalau ada kesempatan, kenapa tidak dicoba. Insha Allah, mudah-mudahan bisa. Tapi sekarang saya fokus di SEA Games dulu. Setelah itu baru mulai berpikir soal masa depan saya,” kata Adam Alis.

Adam Alis saat ini memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Singapura. Setelah kalah telak 0-5 dari Thailand di semifinal, Garuda Muda masih punya agenda pertandingan untuk memperebutkan medali perunggu SEA Games melawan Vietnam.

Dilansir Liputan6.com, Senin, Adam Alis juga mulai melihat peluang lain di luar lapangan hijau. Adam berniat mencoba mengikuti seleksi anggota TNI Angkatan Darat.

Pemain sepak bola Indonesia U-23 itu mengaku mendapat masukan menjadi abdi negara dari seorang perwira menengah TNI AD. Adam tertarik mengikuti ujian masuk yang digelar setelah SEA Games 2015 di Singapura.

“Nanti setelah SEA Games 2015, saya akan penuhi persyaratan, termasuk dokumen-dokumen,” ucap Adam.

Pekerjaan sebagai pemain sepak bola di Indonesia sejauh ini belum memberikan jaminan masa depan. Persoalan gaji sering menjadi masalah. Sanksi FIFA yang dijatuhkan untuk  Indonesia pada Sabtu (30/5/2015) menambah keinginan Adam untuk menjadi tentara.

Menurut Adam, bukan hanya dia yang berniat menjadi Anggota TNI AD. Rekan-rekannya sesama pemain Timnas Indonesia U-23 juga ingin melakukannya. ”Ada beberapa rekan di Timnas Indonesia U-23 yang tertarik menjadi tentara,” ujar mantan pemain Martapura FC itu.

Di kalangan pemain sepak bola Indonesia, pekerjaan merangkap menjadi tentara sering terjadi. Salah satunya penyerang Persebaya Surabaya, Agung Supriyanto. Dia kini berpangkat Sersan Dua. Eks pemain Persija itu mendapat tawaran mengikuti seleksi masuk TNI AD dari jalur khusus sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya